Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Dalam Cinta Ada Kesetiaan, Tapi dalam Kesetiaan Belum Tentu Ada Cinta

22 Januari 2020   19:35 Diperbarui: 22 Januari 2020   19:42 636
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ket: foto pernikahan kami pada tanggal 2 Januari,1965 di Padang. Gadis kecil di depan adalah Margaretha yang tinggal di Padova -Italia bersama Sandro suaminya ,sejak 40 tahun lalu/dokpri

Mengapa Bisa Begitu?
Bila pasangan suami istri sungguh sungguh saling mencintai, maka keduanya bisa tidur nyenyak, tanpa merasa was was, bahwa pasangannya mungkin secara diam diam akan mengkhianati dirinya.  Tanpa ragu, apapun yang disuguhkan oleh pasangan akan dimakan atau diminum, tanpa ada setitik keraguan bahwa dalam makanan atau minuman yang disuguhkan kepadanya, mungkin berisi racun yang mematikan.

Bahkan saking yakin dan percaya akan kesetiaan pasangan hidupnya, maka orang bisa tidur pulas,tanpa merasa perlu mengunci kamar, karena yakin pasangannya akan melindungi dirinya, seandainya ada ancaman yang datang dari luar.

effendi-roselina-e-5e283dfed541df5f72772542.jpg
effendi-roselina-e-5e283dfed541df5f72772542.jpg

Ket.foto: gadis kecil pada foto pernikahan adalah yang duduk berfoto bersama kami/dokpri

Pasangan yang Saling Mencintai Akan Saling Melindungi

Ketika saya terbaring sakit berbulan bulan,maka istri saya yang bertindak melindungi diri saya. Karena saya sudah tidak mampu berdiri bahkan membuka mata saja susah. Bila selimut saya terbuka, maka istri saya dengan sabar akan bangun dan memperbaiki letak selimut hingga menutupi seluruh tubuh saya.

Bila ada telepon masuk, maka istri saya yang mewakili menerimanya karena tidak ingin suaminya yang lagi terbaring sakit terganggu dengan telepon bisnis atau apapun kepentingannya, kecuali telepon dari anak-anak kami.

foto-effendi-roselina-5e283fb7097f36546c78ede2.jpg
foto-effendi-roselina-5e283fb7097f36546c78ede2.jpg

Ket.foto: ulang tahun pernikahan 50 tahun lalu di Padang./dokpri

Dalam Kondisi Biasa

Tapi dalam kondisi sehat, maka saya yang bertindak sebagai pelindung istri saya. Bila di tengah malam, ada bunyi-bunyian yang mencurigakan dalam pekarangan rumah kami, maka saya pesan isteri saya, "apapun yang terjadi, jangan keluar. Kunci pintu dan tunggu saya kembali." Kemudian saya keluar dengan membawa sepotong kayu yang memang saya siapkan di kamar in case of emergency.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun