Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Pendiri dan Ketua Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Kesetiaan Istri Teruji Bukan Hanya Ketika Hidup Melarat

7 Desember 2019   05:13 Diperbarui: 7 Desember 2019   12:10 1056 43 22 Mohon Tunggu...
Kesetiaan Istri Teruji Bukan Hanya Ketika Hidup Melarat
Sumber: seekerspath.co.uk

Banyak orang berpikir bahwa ujian terberat bagi seorang wanita, yang juga adalah seorang istri, adalah ketika harus menjalani hidup morat-marit selama bertahun-tahun mendampingi suami. 

Tetapi ternyata, ujian terberat justru ketika harus meninggalkan karier demi suami. Setidaknya, hal inilah yang terjadi dalam kehidupan kami dalam berumah tangga.  

Mengenai penderitaan yang kami alami tidak perlu diulangi lagi, karena akan membosankan bagi orang yang sudah pernah membaca riwayat hidup kami.

ket.foto: dokumentasi roselina
ket.foto: dokumentasi roselina
ket.foto: mendapatkan pending emas yang disematkan oleh pimpinan perusahaan/dokumentasi roselina
ket.foto: mendapatkan pending emas yang disematkan oleh pimpinan perusahaan/dokumentasi roselina
Ketika Harus Memilih antara Karier dan Suami
Ketika kami memutuskan untuk meninggalkan Kota Padang dan pindah ke Jakarta, tentu bukan hal yang mudah. Dari kehidupan yang sudah terjadwal selama bertahun-tahun, tiba-tiba saja kami "mem-PHK" diri sendiri dan tidak memiliki jadwal kegiatan sehari-hari.

Perihal biaya hidup bukanlah masalah, mengingatsudah mempersiapkan passive income walaupun sudah pensiun dari bisnis ekspor biji kopi dan cassia. Namun manusia tidak hanya hidup dari makan dan minum, tapi juga butuh aktivitas sehari-hari. 

Karena itu, ketika istri minta izin untuk bergabung di salah satu perusahaan yang berkantor di Jalan Suryopranoto, Jakarta, saya sama sekali tidak keberatan karena itu saat anak-anak kami sudah mandiri. Walaupun sama sekali tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang keuangan.

Tapi karena selama belasan tahun memegang urusan keuangan perusahaan kami, dalam waktu singkat istri saya sudah sudah termasuk dalam tiga besar di perusahaan tersebut, di bidang pencapaian target yang diberikan perusahaan. 

Bahkan tahun berikutnya, 3 tahun berturut-turut, sebagai Champion Honour of the Year. Di samping penghasilan yang puluhan juta setiap bulan, setiap 3 bulan ada bonus, bahkan setiap tahun mendapatkan fasilitas berlibur ke Shanghai, Perth, dan Gold Coast bersama suami.

Cukup dengan menyodorkan paspor, seluruh biaya perjalanan, mulai dari ongkos taksi ke bandara, penerbangan, akomodasi, dan jalan-jalan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan. Bahkan masih mendapatkan "uang saku" yang lumayan  nilai nominalnya,

Tiba di Persimpangan Jalan Hidup
Namun, perjalanan hidup tidak selalu tenang dan datar. Ada kalanya suatu waktu manusia dihadapkan pada pilihan hidup. Saat-saat ini adalah merupakan sesuatu yang amat sangat menegangkan dan menguras energi karena berada di persimpangan jalan hidup.

Bertahun-tahun sebelumnya, saya pernah menceritakan impian untuk mengelilingi Nusantara, dari Sabang hingga Merauke sambil mengajar. Maka setelah istri saya sudah mendapatkan impiannya menjadi wanita karier, bahkan menjadi top three di perusahaan, saya ingatkan kepada istri akan impian saya tersebut yang belum terpenuhi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN