Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Pendiri dan Ketua Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Toilet yang Memaksa Pengguna Cuci Tangan

20 November 2019   04:13 Diperbarui: 20 November 2019   04:19 0 40 23 Mohon Tunggu...
Toilet yang Memaksa Pengguna Cuci Tangan
dok.pri

Air Penyiram Tidak Keluar Sebelum Pengguna Cuci Tangan

Toilet yang masih merupakan toilet konvensional.masih berfungsi dengan baik di hampir seluruh fasilitas publik, termasuk di bandara manapun di Australia. 

Selain dari fasilitas untuk "output" disediakan tisu dan kemudian begitu keluar dari kamar tugas,ada cairan sabun tersedia dan kemudian air untuk membersihkan tangan. Setelah itu ada alat elektronik untuk mengeringkan tangan,sehingga tangan bersih untuk melakukan aktivitas lainnya.

Kran air berbeda beda. Ada yang fungsinya sama dengan yang ada di Indonesia,tapi ada juga yang cukup menempatkan tangan di bawah sensor dan air mengalir keluar.

Begitu selesai dan tangan diangkat,air dengan sendirinya berhenti mengalir. Hal ini perlu dipahami,agar jangan sampai sibuk menekan tombol sana sini, tapi air tidak keluar, karena semuanya sesuai dengan kelengkapan tersedia. Tidak ada tulisan atau petunjuk apapun,karena dianggap semua orang sudah paham .

dok.pri
dok.pri
Toilet Elektronik

Belakangan ini sudah mulai banyak dibangun toilet elektronik, Kalau dulu hanya ada di stasiun kereta api, kini sudah mulai dibangun di beberapa lokasi.

Untuk dapat menggunakannya, tengok dulu lampu bernyala hijau, berarti toilet sedang tidak digunakan, Kemudian tekan tombol hijau dan masuk ke dalam. 

Jangan  sampai kaget,bila begitu masuk,tiba tiba ada suara yang cukup keras,mengingatkan,bahwa waktu untuk pengguna ,paling lama 10 menit.

Jangan pula lupa menekan tombol "Close" agar lampu berwarna merah menyala di bagian luar, agar orang mengetahui di dalam ada orangnya. Kalau lupa, ya nggak apa-apa juga, tapi jangan kaget kalau tiba-tiba pintu terbuka dan orang lain masuk. Karena di luar toilet lampu bernyala hijau, artinya "kosong".

Dan setelah selesai menunaikan :"tugas", jangan coba coba tekan tombol sana sini,karena air tidak akan keluar. Ada tulisan yang cukup mencolok disana, yang menjelaskan,bahwa air untuk menyiram, akan keluar otomatis,bila pengguna mencuci tangan dengan hanya meletakan tangan di bawah sensor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN