Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Pendiri dan Ketua Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Renungan Makna "Beyond Blogging" di Hari Ultah ke-11 Kompasiana

23 Oktober 2019   06:40 Diperbarui: 23 Oktober 2019   07:07 0 43 24 Mohon Tunggu...
Renungan Makna "Beyond Blogging" di Hari Ultah ke-11 Kompasiana
ilustrasi: cakesdecor.com

Transformasi Dari :"Sharing and Connecting"

Setiap orang tentu boleh saja memiliki sudut pandang yang berbeda tentang keberadaan kata dan pesan yang ada. Salah satunya adalah pemahaman,mengapa  slogan: "Sharing and Connecting" yang selama ini sudah melekat pekat dalam hati setiap orang yang setia menulis di Kompasiana ini tetiba berubah menjadi :"Beyond Blogging?

Seperti biasa, hukum alam membuktikan bahwa setiap aksi akan menimbulkan reaksi. Ketika angin berembus maka dedaunan pohon dan rumput rumput akan bergoyang. 

Maka begitu juga ketika :"Sharing and connecting "berubah menjadi"Beyond Blogging" pasti menimbulkan tanda tanya:"Ada apa? Mengapa? dan seterusnya. Ada yang langsung bertanya kepada Admin, tapi jauh lebih banyak yang memilih untuk diam dan menyimak,agar tidak terkesan sebagai sosok yang reaktif.

Sharing and Connecting Bertransformasi 

Secara sederhana, sharing and connecting memiliki makna bahwa setiap orang yang menulis di Kompasiana ini membagikan (sharing) berbagai pengalaman pribadinya maupun setiap kejadian dengan membagikan dalam bentuk tulisan. 

Sedangkan bagi yang ingin membagikan luapan rasa hati,cinta dan kerinduan hatinya,menuangkan dalam ujud fiksi dan diksi yang melukiskan keindahan lewat kata demi kata .

Begitu ada yang membaca tulisan tersebut,maka secara serta merta,terjadilah kontak/hubungan ,yang dalam bahasa Inggris disebutkan  dengan istilah connecting. Kontak antara Penulis dan Pembaca sudah terjadi. Maka ketika hal ini berlangsung maka slogan :"Sharing and connecting" sudah terpenuhi.

Beyond Blogging Semakin Mengentalkan Makna

Slogan Beyond Blogging  yang merupakan jelmaan dari sharing and connecting ,memiliki pemahaman yang lebih mendalam. Bukan hanya sekedar menulis dan dibaca,tapi juga terjalin hubungan yang multi komplit. Yakni antara Penulis,apa yang ditulisnya dan mendapatkan respon dari setiap orang yang membaca,sesuai dengan apa konten tulisannya.

Misalnya,ketika saya menulis tentang pengalaman berjalan kaki selama empat jam di Ayers Rock dan kemudian mencari toilet tempat melakukan transfer :"out put"akibat kelebihan muatan air mineral, tapi tidak ditemui,maka para pembaca secara batin sudah saya ajak,untuk ikut merasakan,bagaimana perasaan saya pada waktu itu? Bahkan bila tulisan saya dianggap memang benar pengalaman pribadi bukan mustahil yang membaca ikut merasakan apa yang saya rasakan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2