Mohon tunggu...
Tiv Firsta
Tiv Firsta Mohon Tunggu... Literature Student, Author, Freelancer, A Lover

🕊🤍 Shakespearean droplet "I didn't make the poetries, but I was made for them." Catalogue: @filankopi ☎ +62 888 0264 2290/hollafirs@gmail.com (work)

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Tips Membuat Vanilla Soft Cake Tango Wafer Tanpa Mixer, Tanpa Oven, dan Pengembang

27 Mei 2020   15:56 Diperbarui: 27 Mei 2020   16:08 20 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Membuat Vanilla Soft Cake Tango Wafer Tanpa Mixer, Tanpa Oven, dan Pengembang
Vanilla Soft Cake Tango Wafer by Tiv Firsta. dokpri

Hello, Firstizens, Kompasianers. Kita jumpa lagi di dapur. Tiv Firsta ingin membagikan hasil ubek hari ini. Jadi ceritanya, saya lagi bereksperimen; gimana caranya saya bisa membuat kue bertekstur lembut dan rasa yang lezat dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah saja supaya saya tidak perlu lagi ke toko bahan kue.

Lalu, setelah saya coba menilik bahan-bahan yang ada, akhirnya saya menemukan ide resep ini. Apa saja ya bahan yang dibutuhkan? Langsung saja kita simak satu persatu!

  1. 3 butir telur, ambil bagian putihnya saja
  2. 15 sendok makan tepung terigu
  3. 8 sendok makan gula pasir atau sesuai selera, nah kalau lidah saya memang menyukai rasa yang light, kurang suka makan yang terlalu manis jadi takaran tersebut bisa ditambah untuk yang ingin kuenya jadi lebih manis lagi
  4. Setengah sendok vanilla bubuk
  5. 10 sendok susu kental manis
  6. 1 sendok makan minyak goreng
  7. 10 keping tango wafer rasa apa saja

Langkah-langkah membuatnya sebagai berikut

  1. Masukkan putih telur ke wadah bersih dan kering, tambahkan gula pasir, vanilla bubuk, kemudian kocok dengan garpu atau whisk hingga bertekstur whipped cream, mirip seperti dalgona coffee  yang saat ini sedang populer. Proses ini adalah kunci kelembutan adonan yang dihasilkan. Semakin anda sabar, semakin mengembang pula kue yang dihasilkan.
  2. Kemudian, setelah anda cukup pegal hahaha, masukkan tepung terigu kemudian aduk kembali hingga merata, teksturnya akan kental dan cukup lengket. 
  3. Setelah tepung tercampur sempurna dan tidak lagi menggumpal, tambahkan susu kental manis lalu aduk kembali. Sekarang, adonannya akan menjadi lebih cair serta lebih mudah dipindahkan ke loyang.
  4. Sebelum anda pindahkan ke loyang untuk dikukus, sediakan dulu panci pengukusnya, panaskan dengan api kecil. Oleskan minyak goreng ke loyang dengan kuas atau tangan yang bersih, taburkan sedikit terigu di permukaan loyang tersebut secara merata lalu tuang adonan ke dalamnya.
  5. Hancurkan tango wafer lalu taburkan di atas adonan, kemudian kukus hingga kue mengembang dan matang sempurna; ditandai dengan bagian pinggiran kue yang merenggang atau terlepas dari loyang serta bagian atas kue akan tampak sedikit bergelombang.

Sebuah tips untuk memastikan kematangan sempurna sampai ke dalam, anda dapat mengambil lidi atau tusuk gigi yang sudah dicuci bersih kemudian tusukkan pada kue. Jika kue belum matang sempurna akan ada adonan yang menempel pada lidi tersebut sedangkan kue yang telah matang sempurna ditandai dengan lidi yang bersih tanpa bekas ketika dicabut.

Setelah dipastikan matang, angkat kue anda dan pindahkan ke piring penyajian. Dinginkan kue dalam suhu ruang. Soft cake ini juga bisa disajikan dingin, setelah dianginkan selama beberapa menit pada suhu ruang anda boleh memasukkannya ke dalam kulkas dan menikmatinya nanti.

Bagaimana? Sederhana dan mudah, bukan? Kue ini bisa menjadi opsi menu makanan penutup yang murah dan gampang untuk keluarga selama Stay At Home. Selamat mencoba!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x