Mohon tunggu...
Titis Ayuningsih
Titis Ayuningsih Mohon Tunggu... Lainnya - Blogger

Hidup adalah Perjuangan! www.titisayuningsih.com // twitter dan ig : @titisayuningsih

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Ketahuilah 5 Mitos Vs Fakta Air Minum yang Wajib Diketahui!

24 Oktober 2021   20:57 Diperbarui: 24 Oktober 2021   21:11 296 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mitos vs Fakta Air Minum (Canva, Pribadi)

Tis, jangan lupa minum air putih, begitu ucapan mamaku. Setiap pagi, selepas bangun tidur, pasti mama tidak lupa mengingatkan untuk selalu minum air putih. Dari dulu, di keluarga kami, kebutuhan minum air putih selain menjadi tanggung jawab pribadi, peranan dari keluarga sangat berarti. Saling mengingatkan satu sama lain untuk menanyakan, apakah sudah minum air putih hari ini? Pertanyaan sederhana untuk menyadari kami, betapa pentingnya minum air putih dalam kehidupan sehari-hari.

     Saya masih ingat waktu masih duduk di sekolah menengah atas, ada kewajiban untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum berangkat ke sekolah, mungkin karena jarak perjalanan lumayan jauh dan mengantisipasi jika kehausan saat di perjalanan. Tahukah, kamu di dalam tubuh manusia hampir 60-70 persen membutuhkan air? Ya, karena air mempunyai peranan penting, misalkan untuk pelarut pada proses pencernaan makanan. 

Oleh karena itu, air minum dan tubuh manusia tidak bisa dipisahkan dan saling bekerjasama satu sama lain. Di dalam tubuh manusia, seperti otak, darah, ginjal, tulang mengandung air, berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh. Air yang diminum, proses dimulai mulut-kerongkongan-lambung hingga sampai di usus halus kemudian akan diproses di dalam tubuh manusia. Jumlah air yang masuk harus sama dengan jumlah air yang keluar.

                  Pentingnya Air bagi Tubuh (sumber : YouTube IHWG FKUI)

    Tanpa disadari keberadaan air sangat penting. Dalam kebutuhan sehari-hari, air banyak digunakan, seperti untuk mandi, mencuci hingga minum. Tanpa air, kehidupan manusia akan seperti sayur asam tanpa garam, hambar, begitupun air minum. Membahas tentang air minum pasti beragam, dimulai dari sumber air harus aman dan berkualitas, prosesnya harus aman dari proses produksi hingga sampai ke tangan konsumen, memenuhi persyaratan kesehatan seperti Permenkes dan SNI hingga kandungan mineral juga harus terjaga. Apa saja sih persyaratan air minum yang sehat menurut standar permenkes nomor 492 tahun 2010? 

    Persyaratan tentang kualitas air minum meliputi tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna (jernih), bebas kuman patogen dan bahan berbahaya. Ada hal yang perlu dipastikan saat ingin minum air, pastikan air minum tersebut berasal sumber air yang berkualitas dan terlindungi. Jika sumber air tercemar, dapat dipastikan akan menyebabkan gangguan pada tubuh, terdapat bakteri E-coli yang mengakibatkan diare.

    Ternyata air itu mempunyai peranan dalam tubuh manusia. Selama minum air putih, kamu pernah mendengar nggak sih mengenai mitos dan fakta selama ini? Saya jadi ingat, setiap hari Minggu, sebelum pandemi, menyempatkan diri untuk jalan kaki ke lapangan, tidak lain untuk sekedar menggerakan badan agar tetap sehat. Pada saat habis jalan kaki dan kehausan, teman saya mengatakan, eh, Tis, habis olahraga itu bagusnya minum air oksigen. Saya sejenak kaget mendengar pernyataan tersebut lalu saya membalasnya dengan mengatakan, mitos ah! 

    Pernah kah, kamu mendengar bahwa setiap habis olahraga harus minum air oksigen? Air oksigen dapat meningkatkan performa fisik, ternyata itu mitos. Secara ilmiah belum terbukti, penyerapan oksigen dalam tubuh hanya oleh organ paru dan bukan melalui organ usus. Apakah kamu, pernah mendengar, air dengan pH tinggi juga bagus untuk tubuh? Itu mitos apa fakta sih? Sesuai informasi yang disampaikan oleh dr. Tria Rosemiarti pada sesi Danone Digital Academy 2021, air minum pH tinggi tidak dapat tingkatkan pH darah. Perlu diketahui, selama ini beredar mengenai mitos dan fakta air minum yang sehat. 

Mari kita  ketahui apa saja mitos vs fakta air minum tersebut. 5 Mitos vs Fakta mengenai air minum sebagai berikut :

MITOS

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan