Mohon tunggu...
Titik Maulidiyah
Titik Maulidiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa

IAIN Jember

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Sistematika Filsafat Pendidikan (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi)

12 Maret 2020   17:48 Diperbarui: 10 April 2020   19:06 215 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamu'alaikum wr.wb 

Disini saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya tentang sistematika filsafat pendidikan (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi) 

Filsafat pendidikan berasal dari dua kata yaitu kata filsafat dan kata pendidikan. Filsafat sendiri berasal dari bahasa yunani “Philos” yang memiliki arti kecintaan dan “sophia yang memiliki arti kebijaksanaan. Jika diterjemahkan dari dua kata ini, maka filsafat dapat diartikan sebagai kecintaan akan kebijaksanaan. Jika diartikan secara lengkap maka filsafat dapat diartikan sebagai kajian mendalam yang dilakukan terhadap ilmu pengetahuan didasarkan atas kecintaan seseorang terhadap ilmu pengetahuan tersebut.

Ontologi berasal bahasa Yunani yaitu onto yang artinya kenyataan yang sesungguhnya, dan logos artinya ilmu atau teori. Secara istilah yaitu ilmu atau sesuatu yang benar ada atau sesungguhnya, tidak berbicara tentang suatu hal yang terjadi atau kemungkinan yang terjadi. 

Ontologi mencakup banyak sekali filsafat, mungkin semua filsafat masuk disini, misalnya Logika, Metafisika, Kosmologi, Teologi, Antropologi, Etika, Estetika, Filsafat Pendidikan, Filsafat Hukum dan lain-lain.

Hakikat mengenai pendidikan itu sendiri, mengapa ada ilmu pendidikan atau lembaga pendidikan karena masih banyak kebodohan dimasyarakat dan memang benar jika ada lembaga pendidikan untuk mencerdaskan bangsa. 

Epistemologi berasal dari kata epistem yang artinya pengetahuan dan logos yang artinya ilmu atau teori.  Di dalam dunia pendidikan tidak berpikir secara rasional atau empiris saja dan dalam pendidikan banyak menggunakan metode-metode yaitu: 1) Metode ilmiah langkah-langkahnya: a) rumusan masalah b)  penyusunan klarifikasi data c) perumusan hipotesis d) penarikan kesimpulan. 

Epistimologi filsafat membicarakan tiga hal, yaitu objek filsafat (yaitu yang dipikirkan), cara memperoleh pengetahuan filsafat dan ukuran kebenaran (pengetahuan) filsafat.

Aksiologi berasal dari kata aksios yang artinya nilai dan logos yang artinya ilmu atau teori. Teori tentang penilaian dibagi menjadi dua yaitu: a) etika atau etos (adat dan kebiasaan)  menilai perilaku manusia dan tingkah laku. b) estetika (keindahan) manusia bertingkah laku layaknya seperti dengan anggun dan intinya bernilai baik dilingkungan manusia sekitarnya. 

Dalam aksiologi diuraikan dua hal, yang pertama tentang kegunaan pengetahuan filsafat dan yang kedua tentang cara filsafat menyelesaikan masalah. 

Wassalamualaikum wr.wb.

VIDEO PILIHAN