Mohon tunggu...
Tionovita
Tionovita Mohon Tunggu... Administrasi - Fiksi Narasi

Alto

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pentingnya Berdamai dengan Autoimun

25 Oktober 2018   12:32 Diperbarui: 25 Oktober 2018   12:43 1034
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya hingga saya bisa berdamai dengan autoimun yang melekat dalam darah. Sebelumnya mungkin belum banyak yang tahu mengenai autoimun, gejalanya, penyebabnya, jenis jenisnya, bahkan obat untuk menyembuhkan autoimun. Oleh karena itu saya ingin memberikan sedikit penjelasan terlebih dahulu melalui kacamata saya.

Apa Sih Autoimun?

Autoimun adalah jenis penyakit dimana sistem kekebalan tubuh menyerang sel sel sehat dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh ini seharusnya melindungi kita dari sel sel asing seperti virus dan bakteri. Oleh karena tubuh sendiri yang diserang, terdapat banyak kemungkinan untuk 'menghabisi' setiap inci tubuh kita.

Apa Gejala Autoimun?

Untuk gejala autoimun ada banyak sekali, sesuai dengan sel dalam tubuh mana yang diserang. Ada yang menyerang kulit, sendi, tulang, syaraf, dan sebagainya. Saya sendiri diserang pada bagian sendi. Rasanya seperti radang tenggorokan, tetapi pada sendi. Perih, terkadang sepeti ada yang tertahan dalam darah sehingga aliran darah tidak lancar dan kulit pun membiru. Terkadang saya tidak mampu berdiri, bahkan berjalan karena begitu nyeri yang saya rasakan pada sendi. Belum lagi rambut yang rontok sehingga menyebabkan kebotakan diusia dini.

Apa Penyebab Autoimun?

Hingga saat ini belum ada keterangan pasti penyebab autoimun karena bersifat multifaktorial (banyak sebab). Saat saya bertanya kepada dokter pun, dokter tidak memberikan jawaban yang pasti. Tetapi dari penelitian saya terhadap diri sendiri sangat besar akibat infeksi virus atau bakteri, lingkungan dan polusi yang sangat tidak bersahabat. Mengapa saya bisa menyimpulkan demikian, karena sejak kecil saya bermasalah dengan gangguan pernafasan akibat polusi yang besar dari lingkungan saya tinggal.

Apa Saja Jenis Autoimun?

Ada banyak jenis autoimun yang sudah familiar dikalangan kita, seperti Rheumatoid Arthritis (RA), Systemic Lupus Erythematosus (SLE) atau yang lebih familiar lupus, Diabetes tipe 1, Multiple Sclerosis (MS), dan sebagainya. Saya dititipkan Tuhan autoimun jenis RA, yang lebih dikenal dengan rematik karena masuk dalam keluarga autoimun rematik.

Apakah Autoimun ada Obatnya?

Kebanyakan penyakit autoimun belum ada obatnya, dokter pun berkata demikian pada saya saat pertama kali dokter menegakkan diagnosisnya. Tetapi bukan berarti saya akan merasa kesakitan sepanjan hidup, karena ada obat untuk mencegah / menekan gejala gejala autoimun agar tidak timbul flare (masa di mana autoimun sedang aktif). Obat yang harus dikonsumsi pun jenis obat berkepanjangan, di mana kita harus rutin konsumsi hingga masa remisi / masa di mana autoimun dalam diri sudah tidak aktif (bahasa saya sudah tertidur pulas)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun