Mohon tunggu...
Timora Sinaga
Timora Sinaga Mohon Tunggu... Realistis

Merdeka dalam berpikir, bijaksana dalam bertindak. Masih sedikit bacaanya, masih sering salah diksinya.

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Ketika Sang Penguasa Meninggalkan Petahana

11 Agustus 2020   14:35 Diperbarui: 12 Agustus 2020   05:07 826 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Sang Penguasa Meninggalkan Petahana
Darwin Siagian (Petahana) source : wikipedia

Poltak Sitorus , souce : suarakarya.id
Poltak Sitorus , souce : suarakarya.id

Hari ini, selasa 11 Agustus 2020 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, atau yang dikenal dengan sebutan PDIP  mengumumkan pasangan Bakal Calon Kepala Daerah yang akan diusung di PILKADA 2020 ini. Salah satu daerah yang diumukan hari ini adalah Kabupaten Toba Samosir.

Masih jelas dalam ingatakan kita 5 tahun yang lalu, PDI Perjuangan mengusung Calon Bupati, Darwin Siagian -- Hulman Sitorus dengan koalisi ramping PDIP-Nasdem-Hanura. Memang notabene PDI Perjuangan hanya partai kecil kala itu di Toba. Hanya 2 kursi di DPRD, sedangkan Nasdem dan Hanura masing 4 kursi.

Koalisi ramping ini dapat menghantar pasangan yang memiliki jargon WINMAN ini meraih kemenangan pada PILKADA serentak 2015 lalu. Adapun lawan atau rival WINMAN pilkada ialah Poltak Sitorus-Robinson Tampubolon dengan jargon mereka POLTAKRO pasangan ini bisa merebut semua partai yang ada di Parlemen Toba, Demokrat dengan 8 kursi, Gerindra 4 kursi, PKPI 3 kursi, PKB 1 kursi, Golkar 4 kursi. Poltak kala itu hanya bertengger sebagai runner up. Pilkada kala itu diikuti oleh Pasangan 2 di ikuti oleh Pasangan Parpol dan satu pasangan melalui jalur perseorangan yakni Monang Sitorus eks Bupati Toba periode 2005-2010 berpasangan dengan Chrisse Sagita Hutahaean yang dikenal sebagai MONANGTA.

Kala itu pada penetapan Pasangan Calon oleh KPU Toba Samosir hanya dua.KPU kala itu juga sudah mengugurkan pasangan jalur perseorangan. Namun setelah banding dan melengkapi persyaratan Pasangan independen akhirnya lolos dan mewarnai dinamika kala itu.

Ketika penetapan Calon hanya diikuti dua pasangan saja, sudah banyak yang memprediksikan POLTAKRO lah yang akan menjadi pemenang. Namun prediksi pun menjadi berubah setelah KPU menerima putusan dan Panswalih terkait banding dan pasangan MONANGTA diperbolehkan ikut menjadi peserta.

Pasangan Darwin Siagian-Hulman Sitorus lah yang tampil sebagai pemenang dengan perolehan 39.949 suara (42,85%) disusul Poltak Sitorus-Robinson Tampubolon 31.531 suara (33,82%) dan Monang Sitorus-Chrisse Sagita Hutahaean 21.746 suara (23,33%)

PILKADA 2020

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN