Mutiara Permata
Mutiara Permata Digital Marketing Berempatdotcom

Digital And Social Media Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Grab Luncurkan GrabGerak Untuk Para Penyandang Disabilitas

9 Agustus 2018   10:18 Diperbarui: 9 Agustus 2018   10:34 182 0 0
Grab Luncurkan GrabGerak Untuk Para Penyandang Disabilitas
Grab Luncurkan GrabGerak/Grab.com

Program Perlindungan dan Layanan Sosial (PPLS) pada tahun 2012 mengungkapkan di Indonesia terdapat 3,8 juta penyandang disabilitas. Sayangnya, Indonesia termasuk Jakarta masih dianggap kurang ramah bagi para penyandang disabilitas karena kurangnya infrastruktur maupun transportasi yang mendukung.

Karena hal itu, Grab Indonesia pun menjalin kerja sama dengan Rexona untuk meluncurkan GrabGerak, sebuah fitur untuk mendukung penyandang disabilitas. Dengan fitur tersebut, diharapkan para penyandang disabilitas di Indonesia bisa bergerak dan mendapatkan akses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Untuk mendukung fitur sekaligus kegiatan kampanye 'Movement for Movement' tersebut, Gran sudah menyediakan 118 armada GrabCar dengan stiker khusus GrabGerak di Jabodetabek dalam tahap uji coba. Para pengemudi pun sudah mendapatkan sertifikasi.

"Para pengemudi telah melalui pelatihan khusus seputar kesetaraan dan layanan bagi penyandang disabilitas, serta pengetahuan mengenai keamanan mendasar yang dilakukan oleh Audisi. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan mereka dalam melayani penyandang disabilitas dengan bantuan khusus," ujar Marketing Director of Grab Indonesia Mediko Azwar saat Konferensi Pers di Kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (25/4).

Pada kesempatan yang sama VP Personal Care Unilever Indonesia Ira Noviarti menjelaskan, Rexona dan Google telah mengembangkan sebuah aplikasi asisten mobilitas suara bagi penyandang disabilitas bernama Gerak.

Melalui aplikasi tersebut, pengguna cukup berbicara atau chatting untuk dapat menemukan tempat-tempat terdekat yang ramah terhadap penyandang disabilitas. Dan untuk bisa mencapai lokasi tersebut, mereka dapat memesan kendaraan GrabGerak.

"Melalui kampanya ini kami juga ingin mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi lebih banyak dengan berbagi informasi mengenai tempat-tempat ramah disabilitas melalui aplikasi Gerak," jelasnya.

Selain itu, dalam kesempatan ini Grab juga bermitra dengan Kitabisa.com untuk menggalang donasi bagi Difa Bike, layanan transportasi khusus disabilitas di Yogyakarta. Pengguna layanan Grab dapat ikut berpartisipasi untuk mewujudkan 10 buah sepeda motor 3 roda Difa Bike dengan cara berdonasi.

Caranya mudah, pengguna cukup mengunggah semangat yang menggambarkan gerakan Movement for Movement dan GrabGerak sebanyak-banyaknya dengan tag akun Instagram @grabid serta menggunakan tagar #GrabGerak. Grab akan mendonasikan sejumlah dana untuk sejumlah unggahan yang terkumpul selama periode penggalangan dana.

Selain itu, pengguna Grab juga bisa menukarkan poin Grab Rewards menjadi donasi, mulai dari 250 poin yang setara dengan Rp 5.000.