Mohon tunggu...
Tiara Altamira
Tiara Altamira Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta/ Komunikasi

Assalamualaikum Perkenalkan nama saya Tiara Altamira, bisa kalian panggil Tiara. Saya lahir di Bekasi, 23 Agustus 2000. Saat ini saya masih menjadi seorang Mahasiswa di Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan mengambil prodi Komunikasi. Harapan saya kedepannya semoga menjadi orang yang sukses dan berguna bagi semua orang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Motif Batik Bekasi yang Sedap Dipandang Mata dan Strategi Pemasarannya

20 Januari 2021   16:37 Diperbarui: 20 Januari 2021   16:53 930
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tiara Altamira merupakan salah satu seorang Mahasiswa dari Universitas Aisyiyah Yogyakarta yang saat ini tinggal di Bekasi. Bekasi kota patriot ini memiliki motif-motif khas akan batiknya yang tidak kalah menarik dengan batik-batik buatan Solo. Walau mungkin tidak begitu terkanal Batik buatan Solo sendiri. Namun batik Bekasi juga perlu diperhitungkan dan diperkenalkan di kepada masyarakat luas, karena memang motif-motif dari Bekasi inisangat unik yang berasal dari keberagaman budaya dari Kota Patriot tersebut yang tentu tidak dimiliki oleh batik lainnya yang cukup menarik untuk dilihat, seperti seperti yang dikutip dari https://cleinefashion.wordpress.com batik bekasi memiliki ciri khas sendiri seperti memiliki 12 Pakem untuk motif Batik Bekasi,  floranya seperti bambu, bunga Teratai, daun putri malu, pohon kecapi. Dan faunanya ada gabus, burung mandar,  ikan betok, ikan sepat, lele dan lainnya. Dari budayanya seperti Blantek, alat musiknya seperti terompet.Beberapa contoh motif unggulan dari batik Bekasi 1). Motif Batik Rawa Gatel, Motif Batik Bekasi ini, Idenya bersumber pada kisah pendaratan darurat Pesawat Dakota milik Sekutu karena kerusakan mesin, pada tanggal 23 November 1945 di Rawa Gatel, Motif Batik Rawa Pasung, 2). Motif Kereta Jepang Kali Bekasi, Motif batik bekasi ini bersumber pada kisah Insiden Kali Bekasi, yaitu pembunuhan tawanan perang tentara Jepang, 3) Motif Tarawang, Keberadaan batik tarawang ini didasarkan pada sejarah batik indonesia yang tercatat pada masa kolonial belanda. Batik ini juga pernah di ikut sertakan dalam pameran batik pada tahun 1892 di Amsterdam. 4). Motif Si Pitung , yakni pendekar Betawi yang sangat terkenal dan motif keluarga betawi beserta kehidupan kesehariannya. Motif tersebut mengangkat kebudayaan masyarakat Betawi dengan harapan dapat melestarikan budaya dan kearifan lokal daerah setempat ke masyarakat luas. Selain itu Batik bekasi memiliki warna-warna yang cerah sehingga menumbuhkan semangat bagai para pemakai atau yang melihat batik tersebut. Namun untuk meningkatkan pemasaran dari Batik bekasi ini penulis menyarankan beberapa strategi pemasaran seperti:

  • Strategi Pemasaran

Untuk memasarkan produk batik Bekasi ini perlunya melakukan strategi seperti:

1. Kualitas Produk, untuk peningkatan kualitas produk dengan cara menaikkan penjualan batik dengan memperluas pengetahuan, menambah wawasan, dan  membuatkan ketrampilan sumber daya manusia serta meningkatkan kualitas alat-alat produksi. seperti menerapkan green product yang menjadi tren terbaru dalam pasar internasional yaitu menggunakan cara menghasilkan batik dengan bahan-bahan alami

2. Promosi

strategi promosi yang dilakukan menggunakan cara mengikuti pameran-pameran yang diadakan oleh Disperindag juga pihak partikelir didalam kota juga luar kota. menggunakan mengikuti pameran tersebut sebagai peluang atau kesempatan bagi penguasaha bati Bekasi buat mempromosikan batik Bekasi.

3. Distribusi

Distribusi dilakukan menggunakan cara distribusi eksklusif. Konsumen membeli batik pribadi ke lokasi perjuangan maupun di waktu pameran yg diselenggarakan oleh pelaku usaha batik pada Bekasi.

4. Model Produk, untuk memenuhi kebutuhan pasar, Batik Bekasi menghasilkan kebijakan untuk membentuk produk yang bervariasi serta beraneka ragam. Selain batik pada bentuk selembar kain, Batik Bekasi  juga memproduksi batik pada bentuk baju sehingga menambah pilihan produk bagi konsumen dengan contoh baju yang sedang trend.

5. Desain Produk, untuk konsep desain produk Batik Bekasi masih asal pemlilik yang kemudian diterjemahkan kedalam gambar oleh karyawan bagian gambar desain. untuk desain/motif batik Bekasi memiliki karakteristik floranya seperti bambu, bunga Teratai, daun putri membuat malu, pohon kecapi. dan  faunanya terdapat gabus, burung mandar,  ikan betok, ikan sepat, lele serta lainnya. berasal budayanya seperti Blantek, indera musiknya seperti terompet, karakteristik itu bisa dimaknai menjadi karakter rakyat pesisir, yang lebih terbuka dan  ekspresionis.

6. Bungkus, dalam pengemasan Batik Bekasi sudah memakai bungkus dalam bentuk plastik dan  paper bag.

7. Jaminan Produk, buat menyampaikan pelayanan terbaik demi membentuk kepuasan dan  loyalitas pelanggan, maka pengusaha Batik Bekasi menyampaikan agunan kepada konsumen Bila produk tidak sesuai pesanan atau produk yang dibeli cacat, maka bisa dikembalikan maupun ditukar menggunakan produk sejenis juga lain dengan harga yang sama. serta Jika dikembalikan maka 100% uang akan pulang.

8. Harga

Semakin rumit serta semakin banyak warna yang dipergunakan, maka akan semakin usang proses pembuatannya serta meningkat harga jual produk tadi. untuk batik dapat dijual menggunakan harga cap berkisar Rp. 100.000 sampai menggunakan Rp. 500.000.

Dari strategi strategi pemasaran yang ada, perusahaan bisa menentukan mana yang sinkron untuk pelaku  pengusaha batik Bekasi sesuai analisis faktor-faktor internal dan  eksternal yang sudah dilakukan sebelumnya. Pengusaha Batik Bekasi dapat memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki untuk mendapatkan peluang yang terdapat dengan memakai strategi diantaranya: 1. Mempertahankan kualitas batik yang dimiliki, memaksimalisasi teknologi komunikasi buat pemasaran dan  teknologi pada bidang produksi mirip canting electric untuk memaksimalkan produksi 2. dan  melakukan pengembangan usaha dengan memakai mengajukan peminjaman modal yang telah disediakan oleh pemerintah.

Penguasaha batik Bekasi juga bisa menggunakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman yang terdapat dengan taktik diantaranya : 1. inovasi produk, yaitu membangun produk-produk baru yang inovatif sebagai akibatnya bisa menambah variasi produk yang disajikan kepada pelanggan. dengan membentuk kain batik menjadi aneka macam produk seperti baju, sarung bantal, tas, dan sebagainya. dua. Selain itu jua menaikkan pelayanan pada pelanggan menggunakan cara menghasilkan batik yang sesuai menggunakan pesanan konsumen, membina korelasi baik menggunakan pelanggan dengan cara meminta nomor telepon serta tanggal lahir. Selain itu pada memanfaatkan peluang yang terdapat dengan meminimalkan kelemahan yang ada dengan menggunakan strategi melakukan kerjasama menggunakan pedagang batik, promosi dengan cara membuat iklan di internet serta di saat diadakannya Bekasi Greate Sale yang mengundang banyak pengunjung sehingga menjadi kesempatan buat melakukan kenaikan pangkat serta meningkatkn penjualan, melakukan penawaran produk grup atau organisasi kerja maupun lembaga-lembaga yang ada. strategi yang dapat dipergunakan pengusaha Batik Bekasi dalam meminimalkan kelemahan yang terdapat serta buat menghindar ancaman yang datang, yaitu menggunakan menaikkan promosi menggunakan cara memanfaatkan media promosi sesuai dengan dana yang ada, dan  juga dapat dilakukan penambahan saluran distribusi seperti agen, reseller ataupun sales, sebab menyikapi era globalisasi serta seiring dengan perubahan itu sendiri, perlu adanya terobosan dalam pemasaran batik Bekasi ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun