Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Petani - Pecinta aksara

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Melihat Hubungan antar Variabel dalam Penelitian Ilmiah

31 Juli 2022   08:31 Diperbarui: 31 Juli 2022   08:35 181 10 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Variabel dalam penelitian bisa dikatakan sebagai objek terpenting, karena variabel itulah yang akan dibedah menggunakan teori tertentu berdasarkan metode yang diterapkan.

Bila dicermati dari segi fungsi, variabel tentu sangat dipengaruhi oleh variabel lain. Jadi sangat bisa saling mempengaruhi. Dalam hal ini terdapat variabel mempengaruhi dan variabel yang dipengaruhi. Hal ini disebabkan bahwa kuatnya hukum sebab akibat dalam kehidupan manusia. 

Analisis teori Multivariat mendukung sekali untuk menganalisa hubungan antar variabel dalam penelitian ilmiah karena analisis Multivariat merupakan metode pengolahan variabel dalam jumlah yang banyak yang berguna untuk buntuk memastikan pengaruh variabel-variabel tersebut terhadap suatu obyek secara serentak.

Analisis Multivariat bisa menganalisa data berbentuk metrik dan data bersifat non metrik. Analisis Multivariat disebut juga sebagai salah satu bentuk analisis imferensial yang melihat objek penelitian menggunakan sejumlah sampel untuk melakukan generalisasi.

Pengembangan model analisis multivariat selanjutnya adalah SEM atau Structural equation modelling, merupakan sebuah teknik analisis statistik dalam melihat hubungan dan keterkaitan variabel dependen atau independen untuk diuji.

Jenis variabel dalam konteks fungsi, sbb:

Pertama: Variabel terikat (dependen)

Kedua: Variabel bebas (independen)

Ketiga, Variabel intervening atau merupakan variabel yang mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dan terikat.

Keempat: Variabel moderator yang mempengaruhi variabel utama dengan fungsi memperjelas hubungan variabel bebas dan terikat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan