Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Tukang Ketik

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menguak Sisi Pentingnya Omongan Tetangga

1 Mei 2021   16:38 Diperbarui: 1 Mei 2021   22:18 144 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menguak Sisi Pentingnya Omongan Tetangga
https://film-tilik-infonews.blogspot.com/2020/08/bu-ning-film-tilik.html

Era desrupsi yang ditandai perkembangan teknologi komunikasi, memperlebar cakupan wilayah dan merubah pola bergosip dari omongan tetangga menjadi gosip antar bangsa.

Kehidupan tradisional dan modern, di desa atau di kota, memiliki tatanan sosial yang berbeda jauh. Masing-masing memiliki pola interaksi yang sarat dengan kearifan lokal. Namun satu hal yang selalu ada, yakni omongan tetangga. Dari situ kita bisa melihat bahwa dinamika hidup bermasyarakat berjalan dengan baik. 

Omongan tetangga memiliki arti yang luas. Bisa tetangga kamar, tetangga rumah, tetangga desa, bahkan tetangga negara. Kita tidak perlu alergi dengan terminologi omongan tetangga, karena cenderung benar adanya. Masalahnya menjadi sesuatu yang perlu diantisipasi, karena isu yang diomongkan sering dibesar-besarkan. Bumbunya lebih banyak ketimbang isi. Bahasa agamanya ghibah, manakala masyarakat milenial mengistilahkan gosip.

Gosip terkesan omong kosong belaka, padahal sering dasarnya benar. Karena kental unsur hasad dengki dan cenderung dilebih-lebihkan, maka atas sebab itulah gosip dari dulu hingga sekarang tetap dinilai jelek dan orang yang suka bergosip juga dinyinyirin warga. 

Dapat kita amati dari film "TILIK", pasti semua kita menaruh kesan miring terhadap bu Tejo. Padahal yang diomongkan bu Tejo itu benar. Apalagi ibu itu sangat "solutip" mengajak emak-emak yang lain berbelanja ke pasar ketika pada kebingungan saat mengetahui bu Lurah belum bisa dibesuk.

***

Pandangan psokologi yang menyatakan bahwa bergosip itu termasuk insting yang sangat mendasar pada diri manusia dalam merespon isu-isu yang berkembang di sekitarnya. Hal ini terlepas dari baik dan buruk atau benar salah. Malah gosip merupakan cara masyarakat menyampaikan berita sejak ratusan tahun silam dan berlaku secara turun temurun hingga ke zaman modern ini.

Era globalisasi dan disrupsi yang ditandai perkembangan teknologi, terutama teknologi komunikasi, sangat mendukung penyebaran informasi dari berbagai belahan dunia. Tak heran, kalau isu gosip sekarang ini sudah antar negara, dan manakala yang bergosip juga dari berbagai negara. Jadi, fenomena ini bisa kita istilahkan gosip antar bangsa.

Manakala dalam ilmu soiologi, gosip menempati posisi yang bagus, yakni sebagai salah satu cara pengendalian sosial yang terbukti berfungsi efektif meredam tindakan deviant di kalangan anggota masyarakat. Artinya gosip bisa sedikit demi sedikit mengarahkan pelaku menyimpang berperilaku konformis. 

Kita bisa merasakan sendiri ketika teman dekat kita digosipkan oleh anggota masyarakat lain, dia akan sedikit mengerem tindakannya yang tidak sesuai dengan nilai dan norma masyarakat, apalagi kita sudah menyampaikan bahwa banyak orang yang menggosipnya, pasti perilaku menyimpang yang digosipkan akan mulai dihentikan. Nah, di sinilah letak fungsi gosip dalam interaksi sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN