Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Jurnalis - Tukang Ketik

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Kepincut Gurihnya Gonggong Kota Gurindam

18 Oktober 2019   16:20 Diperbarui: 19 Oktober 2019   00:06 75 12 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kepincut Gurihnya Gonggong Kota Gurindam
Dok. Pinang Paleo

Wisata kuliner sungguh sangat menyenangkan. Apalagi untuk makan makanan kesukaan, sejauh apapun jaraknya orang sanggup menempuhnya demi memanjakan lidah.

Bila berkunjung ke wilayah Kepulauan Riau, khususnya di Batam dan Tanjungpanang, wisatawan akan disuguhi dengan aneka ragam makanan laut yang dijamin pasti memuaskan selera makan. Sebut saja "gonggong," sejenis siput laut bernama latin Strombus canarium yang diyakini sangat berkhasiat bagi kesehatan manusia.

Saking terkenalnya gonggong di wilayah Kepulauan Riau, Pemerintah Kota Tanjungpinang membangun "Tugu Gonggong" ukuran raksasa, persis di tepi pantai gerbang masuk kota Tanjungpinang yang ikonik untuk berswa foto.

Dok. Hotsta
Dok. Hotsta

Akhir September yang lalu, saya kembali jalan-jalan ke Pulau Bintan dan pastinya tak ingin melewatkan begitu saja tanpa menikmati sea food yang segar dan lezat.

Sebuah artikel tentang gonggong menggambarkan nilai gizi makro per 100 gram yaitu dengan karbohidrat 4,1% dengan nilai gizi 16,4 kalori, lemak 24,9% dengan nilai gizi 224,1 kalori protein 31,19% dengan nilai gizi 124,8 kalori. Salah satu hormon yang bertanggung jawab dalam pertumbuhan libido adalah hormon dopamin, selain testosteron, estrogen, oksitosin, norepinehim, dan kortisol.

Berkunjung ke Tanjungpinang pasti akan puas. Wilayah yang terkenal dengan wisata bahari ini sangat indah untuk dikunjungi. Bisa berkunjung ke beberapa pantai bagus di Lagoi, kunjungan sejarah ke Pulau Penyengat yang ada bekas istana kerajaan Melayu Riau Lingga, masjid sejarah Raja Ali Haji, Tugu Gurindam Duabelas, pusat pemerintahan Dompak, snorkeling, diving, dan destinasi-destinasi lainnya yang menakjubkan.[]

Sekadar berbagi dari Pulau Bintan.

KL: 18102019

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x