Mohon tunggu...
Theresia Iin Assenheimer
Theresia Iin Assenheimer Mohon Tunggu... Ibu dari dua putra

Belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Asparagus Rajanya Sayuran dan Sayurnya Para Raja

20 Mei 2021   06:09 Diperbarui: 20 Mei 2021   12:44 254 21 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asparagus Rajanya Sayuran dan Sayurnya Para Raja
Memetik Asparagus (foto von Tourismus Verein Terlan FB)

Orang Jerman menyebut asparagus atau spargel.. Menurut sejarah, spargel sudah dikenal sejak jaman Yunani Kuno dan digunakan sebagai obat. Sedangkan Pada jaman Romawi Spargel merupakan bagian dari menu pesta.  Pada awalnya Spargel ditanam di kebun biara sebagai obat. Pada abad 16 Spargel sering tersedia di meja makan, terutama para raja, misalnya Raja Ludwig XIV.

Saat ini Spargel sebagai bahan makanan terutama setelah dibuka perkebunan-perkebunan Spargel sejak akhir abad 17 di Stuttgart.

Ada tiga macam spargel, asparagus putih atau weisse Spargel, asparagus ungu atau Lila Spargel dan asparagus hijau atau gruene Spargel. Ketiga jenis asparagus ini sangat enak dan sehat. Asparagus banyak mengandung  Vitamin , Vitamin A, E, K dan  Mineral,serta sedikit kalori.Asparagus, 93 persen terdiri dari air, 2 protein, 4 persen karbohidrat dan hanya 0,2 persen lemak.  

Saat ini di Jerman sedang musim spargel. Bagi  penggemar spargel, saat inilah, saat yang tepat untuk menikmati spargel.  Harga 1 Kilogram spargel saat ini berkisar antara 10 Euro sampai 15 Euro, yaitu sekitar 165.000 rupiah sampai 250.000 rupiah.

Spargel bisa dibeli di semua supermarket , di Wochenmarkt atau pasar tradisional migguan yang biasa ada di alun-alun kota ,kios-kios spargel yang ada dimana -mana pada  musim spargel. 

Di dekat rumah kami, tinggal petani spargel, biasanya kami membeli dari tetangga kami. Ibu mertuaku almarhumah, mengajakku dan memperkenalkannku pada petani  spargel tetanggaku, Familie Werkman. Membeli langsung dari petani kami bisa memilih sendiri spargel yang bagaimana yang ingin kami beli. Spargel dengan segala ukuran dan harganya. Spargel sebesar  ibu jari sampai sebesar kelingking untuk sup.

  Mengapa Spargel  disebut sebagai rajanya sayuran?         

1. Musim Spargel yang singkat 

Musim Spargel hanya 2 bulan, dari pertengahan april sampai  pertengahan juni. Bulan april mulai dipanen ketika pucuk-pucuk spargel mulai tumbuh dan dipetik ketika masih berada di dalam tanah. Jadi kalau pucuk spargel sudah muncul di permukaan sudah terlambat dan tidak bisa dinikmati. Ada pepatah Jerman yang mengatakan. Kirschen rot, Spargel tot, yang berarti, bila buah  ceri memerah, asparagus mati.

2. Ladang Spargel  yang sudah dipanen tidak bisa ditanami tanaman  lain. Jadi ladang spargel hanya untuk spargel. Tanaman spargel baru bisa dipanen setelah berusia 3 tahun dan usia tanaman  8 sampai 10 tahun.

3. Spargel mahal terutama karena hanya bisa dipetik secara  manual dan tidak bisa dengan mesin. Tenaga manusia mahal di Jerman terutama di masa pandemi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN