Khoiril Basyar
Khoiril Basyar Mahasiswa

Hidup tidak dinilai dari bagaimana kita memulai, namun Hidup akan dinilai saat kita mengakhirinya.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Harap-harap Cemas Coach Rene Alberts

7 Desember 2018   10:38 Diperbarui: 7 Desember 2018   11:32 416 0 0
Harap-harap Cemas Coach Rene Alberts
Coach Robert Rene Alberts. sumber: inikata.com

Match Day terakhir Go-Jek Liga 1 akan berlangsung pada akhir pekan ini. Tidak hanya untuk menentukan siapa yang akan menjadi juara, laga terakhir nanti juga akan menentukan siapa yang akan turun kasta. 

Sementara di Liga 2, sudah ada 3 Tim yang telah memastikan diri berlaga di Liga 1 musim depan. PSS Sleman yang berhasil menjadi juara 1 di kompetisi Liga 2 berhak untuk berlaga di Liga 1 musim depan. Dua tim lainnya yang akan berlaga di kancah tertinggi musim depan yakni Semen Padang yang menjadi Runner Up serta Kalteng Putra yang berhasil memenangkan perebutan tempat ketiga dari Persita Tangerang.

Sementara itu, perebutan juara Go-Jek Liga 1 akan berlangsung pada hari minggu (9/12). Dua tim pemuncak klasemen saat ini, Persija Jakarta dengan 59 Poin dan PSM Makassar dengan 58 Poin akan bertanding di waktu yang sama. Mereka juga akan sama sama bermain di kandang pada laga terakhir.

Persija Jakarta akan menjamu Mitra Kukar di laga terakhir. Keduanya tentu akan sama sama berambisi untuk menang. Persija harus memastikan 3 angka penuh jika ingin menjadi juara, sementara Mitra Kukar juga harus meraih poin penuh agar tetap menjaga asa tampil di Liga 1 musim depan.

Peluang juara juga masih sangat terbuka untuk PSM Makassar, namun mereka sedikit bergantung pada hasil laga Persija melawan Mitra Kukar. Tim Juku Eja yang bermain imbang saat melawan Bhayangkara FC harus rela memberikan tempat pertama pada Persija Jakarta. Meskipun hanya terpaut satu poin, ini jelas akan sangat menentukan.

Menghitung Kemungkinan Juara
Coach Rene Alberts jelas kecewa dengan hasil imbang dilaga sebelumnya. Selain kehilangan dua poin, mereka juga kehilangan posisi puncak. Lebih dari itu, mereka akan kehilangan Hasyim Kipuw dilaga terakhir akibat terlibat perselisihan yang berujung kartu merah.

PSM Makassar yang butuh poin penuh masih harus berdoa atas hasil laga pesaing terdekatnya. Meskipun mereka mendapatkan poin penuh, jika Persija Jakarta mampu menumbangkan Mitra Kukar maka perjuangan itu tidak akan berpengaruh. Mereka tetap akan berada diposisi kedua dan gagal juara. Mereka butuh minimal hasil imbang dari Persija Jakarta untuk bisa memastikan diri sebagai juara.

Jelas ini akan menjadi harapan yang sulit sebab Persija pasti ingin merayakan kemenangan mereka didepan The Jak Mania yang hadir. Terakhir kali Persija menjuarai Liga Indonesia sekitar 17 Tahun yang lalu atau pada tahun 2001 sedangkan PSM Makassar pada satu musim sebelumnya atau tahun 1999/2000.

Patut dinantikan, apakah Coach Rene Albert dapat membawa Tim Juku Eja untuk menjuarai Liga 1 tahun ini ataukah kegagalan menumbangkan Bhayangkara FC pada Match Day 33 menjadi petaka yang sangat pahit.