Mohon tunggu...
Khoiril Basyar
Khoiril Basyar Mohon Tunggu... Alumni

Terus Belajar

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Brexit : 4,5 jam atau 14,5 jam?

4 Juli 2016   23:49 Diperbarui: 5 Juli 2016   00:08 0 0 0 Mohon Tunggu...
Brexit : 4,5 jam atau 14,5 jam?
Brexit (Brebes Exit) www.jateng.tribunnews.com

Mudik adalah tradisi yang unik, tradisi yang hanya ada di Indonesia. Macet sudah menjadi hal lumrah, waktu tempuh yang panjang juga sudah dimaklumi. Tapi ada saja hal hal yang menarik untuk disimak setiap tahunnya.

Brexit disini bukan Britain Exit, tapi istilah baru yang populer saat mudik tiba. Brebes Exit, merupakan istilah baru yang keluar saat mudik tahun ini.

Bukan tanpa alasan Brexit jadi perbincangan di Indonesia. Brexit di anggap sebagai penyebab kemacetan parah di jalur pantura. Jalan tol yang baru diresmikan tanggal 16 juni 2016 oleh Presiden Jokowi ini menjadi primadona para pemudik.

Promo yang di tawarkan oleh pengelola yaitu waktu tempuh Jakarta hingga Brexit ini hanya memakan waktu 4,5 jam. Pantas saja, para pemudik langsung tancap gas untuk melewati Brexit saat mudik tiba.

Waktu yang diharapkan cepat, ternyata tidak sesuai harapan. Semua kendaraan menumpuk di Brexit dan adanya pertemuan antara jalur tol dan jalur pantura membuat keadaan semakin parah.

Sebenarnya keadaan ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Dimana Brebes menjadi titik kemacetan bagi para pemudik. Jalur yang sempit dan banyaknya aktivitas warga memperparah keadaan. Ada beberapa factor yang menyebabkan Brebes menjadi tempat penyebab kemacetan.

Brexit dan Pejagan

Brexit menjadi jalur favorit, saking favoritnya hari ini (04/07) tercatat macet parah hingga 33 kilometer. Keadaan dijalan tol diperparah oleh pedagang yang berjualan. Sampah menumpuk dijalan tol, hal ini sebenarnya juga terjadi tahun lalu dimana macet dan sampah menghiasi pandangan di jalan Tol Cipali.

Dua jalur exit tol yang popular di Brebes adalah pejagan dan brebes timur. Keduanya sama sama tidak strategis, keluar tol pejagan lajur kendaraan hanya satu. Hal ini tentu akan menyebabkan kemacetan parah. Sementara itu exit brebes timur memiliki dua lajur. Pertemuan dengan jalur pantura memperparah keadaan dimana motor dan mobil bertemu.

Pasar Tumpah

Dibeberapa titik di Brebes memiliki pasar tumpah, hal ini juga di akui oleh gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Pasar tumpah ini membuat keadaan semakin rieweuh. Tahun lalu, 6 jam saya habiskan untuk melewati Brebes. Padahal dalam waktu normal kurang dari satu jam untuk melewati Brebes.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2