Mohon tunggu...
Ragu Theodolfi
Ragu Theodolfi Mohon Tunggu... Dosen - Penikmat seni, pencinta keindahan

Happiness never decreases by being shared

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Transformasi Bidang Kesehatan untuk Indonesia Sehat dan Bertumbuh

12 November 2021   16:12 Diperbarui: 13 November 2021   02:20 199 35 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi pengembangan penelitian  (Gambar: Pixabay)

Tanggal 12 November setiap tahun diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN).  Perayaan HKN tahun ini mengusung tema  “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”.

Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin dalam sambutannya pada peringatan HKN ke 57 hari ini mengatakan bahwa sejak pandemi berlangsung, terjadi begitu banyak transformasi dalam bidang kesehatan

Krisis yang terjadi akibat pandemi Covid19 maupun krisis lainnya di negri ini telah membuka berbagai peluang untuk bertransformasi ke arah yang lebih baik.

Transformasi dalam bidang kesehatan meliputi enam bidang, yaitu bidang layanan kesehatan primer, layanan kesehatan sekunder, transformasi dalam bidang kesehatan, transformasi dalam bidang tenaga kesehatan dan transformasi dalam bidang informasi dan teknologi (IT).

Dalam bidang IT  terbagi atas dua fokus utama yaitu transformasi bidang informasi kesehatan maupun bioteknologi kesehatan.

Menyikapi pandemi yang telah berlangsung dua tahun ini, berbagai transformasi yang terkait bidang kesehatan telah digerakkan. Perubahan dari kebiasaan lama menuju era baru, yang biasanya dilakukan secara manual menuju teknologi berbasis internet. Harapannya krisis yang dihadapi bisa segera diatasi.

Layanan kesehatan primer sebagai ujung tombak

Transformasi layanan kesehatan primer difokuskan pada peningkatan pelayanan kesehatan dasar yang paling dekat dengan masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal pada daerah pedesaan, sulit terjangkau, atau masyarakat berpenghasilan rendah di perkotaan.

Umumnya layanan kesehatan primer hanya untuk penyakit yang ringan saja, sehingga dilayani oleh dokter umum maupun tenaga kesehatan lainnya. Puskemas, puskesmas keliling, klinik adalah bagian pelayanan kesehatan dasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan