Mohon tunggu...
Thasya Putri
Thasya Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nonton drakor,ceria

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Enterpreneur Sukses

26 Oktober 2022   21:22 Diperbarui: 26 Oktober 2022   21:33 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Enterpreneur Sukses

Langkah Awal Enterpreneur Menuju Sukses! 

Pada saat pandemi COVID-19 telah memicu ledakan start up dengan munculnya banyak pengusaha yang ingin mendapatkan pelanggan baru. Praktek di industri seperti belanja online, seperti dilansir Harvard Business Review. Untuk wirausahawan muda masa kini yang ingin memulai bisnis baru, ketahuilah bahwa dibutuhkan banyak hal untuk bersaing dalam hal ini. 

Menjadi seorang wirausaha kamu membutuhkan suatu perencanaan, dan bahkan pengambilan risiko. Pedoman langkah demi langkah ini akan menunjukkan kepada kamu yang dibutuhkan untuk mengubah ide bisnis Anda menjadi suatu tindakan, mulai dari pembuatan situs web bisnis hingga membangun merek. 

Ini cara-cara menjadi seorang enterpreneur: 

1. Temukan ide bisnis yang ingin dibuat


Pada Saat ingin mencoba memulai bisnis, pilihlah ide bisnis untuk usaha baru Anda yang akan membuat Anda menonjol dari yang lain. Misalnya, jika Anda meluncurkan makanan dengan inovasi terbaru, pikirkan tentang bagaimana kamu akan memilih: produk apa yang akan Anda jual? Akankah bertahan ? Setelah menyelesaikannya, kamu dapat memikirkan nama bisnis potensial atau menggunakan generator nama bisnis untuk lebih kreatif

Selain menemukan keunggulan kompetitif kamu pikirkan tentang apa yang benar-benar Anda nikmati. Masalah apa yang ingin Anda selesaikan? Apakah itu mengurangi sampah dari sedotan plastik? Resep Anda untuk sukses bisnis adalah tetap berpegang pada apa yang Anda sukai, ketahui dengan baik, dan rasakan yang diinginkan dunia.

2. Kenali target konsumen

Meskipun sebuah ide mungkin tampak bagus, pastikan bahwa orang lain akan membayarnya sebelum memujinya. Banyak bisnis yang gagal, salah satu alasan terbesar bisnis gagal adalah karena tidak ada kebutuhan pemasaran. Dengan meneliti terlebih dahulu konsumen akan membantu dalam melihat target. Selain itu, kamu tidak hanya akan memahami kebutuhan konsumen dengan baik, tetapi kamu juga akan dapat memasarkan produkmu dengan lebih baik kepada mereka. Lalu kamu bisa melakukan riset pasar, dan membuat daftar karakteristik yang menentukan target pasar. Misalnya, berapa umur mereka? Apa hobi mereka? Dimana mereka tinggal? dll. 

3. Uji pemikiran dan ide kamu

Uji coba sangat penting untuk mengukur minat terhadap produk atau layanan kamu pada calon pelanggan mu. Dengan mendapatkan pengalaman langsung untuk memahami cara melayani mereka, dan melihat dari segi mana kamu akan dapat meningkatkan. Ambil langkah ini sebagai langkah awal dalam menjual ide Anda.

Semakin banyak kamu menuangkan ide-ide mu pada konsumen, semakin banyak pula umpan balik yang akan kamu dapatkan yang dapat digunakan untuk membangun ide-ide dan menciptakan kesadaran. Contohnya kamu dapat mengirimkan sampel. 

4. Buat Template rencana bisnis 

Menjadi pemilik usaha kecil membutuhkan banyak perencanaan, mulai dari memilih model bisnis, mengembangkan ide, hingga mewujudkan ide kamu. Mulailah secara terstruktur dengan template rencana bisnis yang menguraikan elemen kunci dari ide Anda, mulai dari pernyataan misi hingga pemasaran, rencana proyek, dan masih banyak lagi. Buku ini akan membantu kamu memvisualisasikan tujuan dan membantu dalam mencapainya. Disarankan untuk membuat ringkasan atau analisis bisnis. Laporan ini penting ketika ingin mengomunikasikan secara singkat tentang perusahaan atau bisnis yang dijalani. misalnya ketika sedang mencari mitra atau melamar pendanaan. 

5.Gunakan situs web 

Kamu bisa menggunakan situs web untuk strategi online atau e-niaga, atau mengarahkan pengunjung penelusuran organik ke halaman arahan Anda, setiap bisnis membutuhkannya.Karena dengan situs web lebih memudahkan orang untuk menjakau produk kamu dengan mudah. 

6. Rekrut mitra yang hebat

Membuat bisnis sendiri memang bagus, tetapi dengan pasangan yang suportif akan membantu kamu melihat berbagai tantangan dan peluang yang mungkin terlewatkan.

Saat mencari pasangan, pikirkan kualitas yang kamu ingin mereka miliki dan orang yang kamu kenal memilikinya. Buatlah proposal bisnis semi-rencana saat Anda menjangkau calon mitra pilihanmu.

7. Bangun jaringan bisnis yang luas

Bisnis bukanlah perjalanan yang sendirian bahkan jika kamu memilih untuk tidak memiliki mitra. Memiliki mentor yang berpengetahuan dan berpengalaman akan membantu kamu memahami pasar dengan lebih baik, memanfaatkan peluang, dan menghindari kesalahan yang merugikan.

Untuk menemukan sistem pendukung ini, hadiri acara jejaring, berita, dan pameran yang relevan. Anda juga dapat menyelenggarakan acara jaringanmu sendiri atau membuat komunitas forum online.

8. Rencanakan keuangan Anda

Dengan kamu merencanakan keuangan bisnis mungkin ini bukan langkah yang paling menyenangkan tetapi ini sangat wajib diperlukan. Mulailah dengan memahami dengan baik biaya memulai usaha bisnis. Berapa banyak yang dibutuhkan? Jalankan dengan mengetahui biaya bahan dan produksi, persediaan, perekrutan karyawan, promosi, ruang usaha, dll.

9. Kembangkan merek yang kuat

Dengan identitas merek yang konsisten membantu menghasilkan pengakuan dan membangun kepercayaan di antara pelanggan dari waktu ke waktu. Secara verbal, ini terdiri dari nilai inti, bahasa, karyawan, dan pelanggan Anda. Secara estetika, ini melibatkan warna merek Anda, pilihan font, logo, dan lainnya.

10. Ciptakan nilai pasar 

Setelah memiliki produk atau layanan yang teruji, jaringan yang kuat, dan saluran merek untuk promosi–saatnya memilih bagaimana Anda akan terjun ke pasar. Baik melalui penerbitan rutin kepemimpinan pemikiran yang relevan di media sosial atau promosi yang menunjukkan mengapa penawaran Anda mengalahkan pesaing Anda, pesan masuk ke pasar yang jelas dan terdefinisi akan membantu pelanggan Anda melihat alasan unik untuk memilih merek Anda dari pada yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun