Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Kawan Pena Saran

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Konsumsi Rutin Air Kelapa Muda

19 Mei 2021   16:44 Diperbarui: 19 Mei 2021   17:02 169 4 2 Mohon Tunggu...

Rezeki kalau bukan dari tunjangan hari raya ya apa lagi. Selain itu berharap kebaikan hati sanak saudara berupa hadiah atawa angpao. Yes ekonomi kerakyatan menggeliat. Para pekerja swasta biasanya lebih dulu menerima THR. Sedangkan ASN harap bersabar semoga janji Pemerintah ada benarnya tanggal 24 Mei dana itu sudah masuk di rekening pensiunan seperti awak.

Setiap keluarga tentu memiliki kegemaran makanan dan minuman untuk membatalkan puasa. Bagi keluarga kami tidak muluk muluk sederhana dan natural saja yaitu dogan. Dogan itulah nama kampung dari kelapa muda. Inilah kelapa yang sangat muda terlihat dari daging kelapa yang putih lembut bersama air kelapa yang sangat murni tanpa gula.

Terkadang awak merenung soal keajaiban Ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa berkaitan dengan Pohon Kelapa. Pohon nan tinggi menjulang tegak lurus tanpa bercabang menghasiklan puluhan buah. Buah ini berair dalam artian ada air sebanyak ukuran 2 gelas. Terpikirkah oleh anak manusia  bahwa air dari dalam tanah dengan kekuatan yang tidak mungkin ditiru manusia air itu naik kemudian terdistribusi secara rata ke seluruh batok kelapa.

  • Lubuk Jantan nama kampungku
  • Lintau Buo Nagari Sumbar
  • Sayang anak eloklah di pangku
  • Sayang diri perbanyaklah istiqfar 

Pasar kaget itu mulai ramai 60 menit menjelang waktu berbuka puasa.  Kenapa dikatakan pasar kaget tentu ada alasan logis bagi sipemberi nama. Pertama pasar itu memang mengagetkan bukan saja bagi para pembeli dan penjual tetapi juga bagi Satpol PP. Kedua, pasar kaget membuat terkaget kaget  khalayak berkaitan dengan tersedianya sedemikian macam jenis hidangan berbuka puasa.

Jadi bukan saja di kota kota besar hadir pasar kaget yang tadinya tidak ada tetapi sampai tingkat desa ada pasar baru menjajakan hidangan berbuka puasa.   Pasar ini bisa saja digelar di pinggiran jalan dengan resiko memakan tortoar.  Ya selalu begitu sehingga para pemakai jalan apakah itu mobil atau motor merasakan jalanan menjadi lebih super macet. 

Apalagi kalau ditambah dengan sang pengendara ikut berbelanja sehingga mobil dan motor parkir sejenak.  Maklum para pegawai yang baru pulang kerja sekalian mampir ketika melewati pasar kaget.  Sekalian belanja oleh oleh untuk orang rumah.  Dengan demikian semakin macet lah jalanan dimana tukang parkir sampai sampai minta tobat bersebab sulit mengatur para pedangang dan pembeli mania.

Inilah  berkah ramadhan.  Selama 30 hari tidak lebih tidak kurang menggerakkan ekonomi kerakyatan.  Memang ada tambahan anggaran belanja dapur ibu ibu atau sekarang lebih suka disebut sebagai emak emak.  Tapi sodara tak perlu kuatir soal uang belanja.  Allah SWT , Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang telah menyiapkan rezeki berlimpah .  

Luar biasa inilah air murni nan tiada tercampur gula atau pemanis lainnya namun rasanya sungguh sangat nikmat. Proses keberadaan air dalam batok kelapa itulah yang membuat awak merasa harus menikmati minuman air segar dari tanah yang tidak ada lawannya.  Bisa jadi ada buah buahan lain yang mengangdung air tetapi khusus buah kelapa disediakan air segar nan tiada tercampur oleh bahan apapun dilindungi oleh daging berwarna putih.

Memang urusan kelapa muda ini awak punya langganan di kampung bojong Kelurahan Rambutan RW 01.  Sekeluarga menjajakan kelapa muda yang katanya setiap 3 hari khusus didatangkan dari Sukabumi.  Harga sesuai dengan kualitas yaitu 10.000 perak sebuah.  Si Abang sudah paham pesanan kami yaitu kelapa muida murni tanpa gula dan jangan pula diberi es.  Disinilah letak rahasia minuman segar menyehatkan.

Berdasarkan referensi dari web disampaikan pula disini manfaat serta khasiat Kelapa Muda.  Buah kelapa memiliki nama latin Cocos nucifera. Secara umum, air buah ini mengandung 16 kalori dan 4,1 gram gula. Sedangkan daging yang terkandung di dalamnya mengandung 77 kalori, 1,4 gram protein, 3.6 gram lemak, 10 gram gula, 257 gram kalium, dan 6 miligram vitamin C.

Cocos nucifera ternyata juga mengandung kalium yang lebih tinggi ketimbang minuman olahraga. Bahkan lebih tinggi dibandingkan apabila Anda memakan empat buah pisang. Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan cairan Anda, konsumsilah Cocos nucifera yang muda. Pasalnya, air yang terkandung pada kelapa muda jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang tua. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN