Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Kawan Pena Saran

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Jumat Bersih-bersih Ponsel

14 Februari 2020   08:16 Diperbarui: 14 Februari 2020   09:01 109 0 0 Mohon Tunggu...

Hari ini Jum'at 14 Februari 2020 saya membersihkan ponsel. Membersihkan dalam artian menghapus beberapa gambar, video dan berita yang ada di galeri dan whats app.

Pasalnya ponsel sudah keberatan muatan bersebab setiap menit ada saja informasi masuk terlepas suka atau tidak suka. Itulah resiko bersosial media dengan puluhan komunitas baik di facebook, whats app Instagram dan lain lain jaringan.

Kemampuan internal memory ponsel sangat terbatas. Itulah sebabnya secara berkala dilakukan bersih bersih. Kadangkala ada kiriman informasi belum terbaca atau tak perlu dibaca.

Itulah perlunya seleksi atau filter pada diri sendiri agar waktu tak terbuang sia sia membaca atau menonton berita yang tidak bermanfaat. Khusus untuk kiriman video saya memutuskan tidak menonton satupun. Terlepas video itu baik atau tidak setiap 2 hari sekali puluhan video masuk saya hapus.

Alasan logis memang video memakan space memory cukup banyak sehingga mengganggu operasional ponsel menjadi lambat dan panas. Terkait kiriman berita berupa kisah nyata kehidupan yang menyentuh hati saya baca berkali kali kemudian disimpan.

Tips sederhana menghapus tulisan atau berita di Whats app. Klik nama atau komunitas group di ponsel anda. Setelah itu klik tiga bintang yang ada di sebelah kiri atas.  Terdapat beberapa pilihan antara lain Info grup.  Anda pilih yang paling bawah yaitu Lainnya.

Disana terdapat pilihan lagi,  anda klik Bersihkan Chat.  Terakhir anda tinggal tekan Bersihkan maka serta merta semua tulisan terhapus dan ponsel anda menjadi enteng.  Lakukan pada semua grup karena disinilah paling banyak terdapat kiriman tulisan. Selamat mencoba.

Menyimpan di samsung note ponsel dan mensjare kisah nyata tersebut di facebook dan ke Wa group. Banyak kisah nyata kehidupan yang baik untuk dijadikan tambahan wawasan. Ternyata hidup dan kehidupan ini sangat indah dalam liku liku pergaulan antar manusia.

InshaAllah kumpulan dari kisah nyata tersebut akan saya terbitkan pada buku ke 26 dengan judul Nasehat Kehidupan. Alhamdulillah telah terkumpul puluhan kisah nyata yang menyentuh hati. Disamping itu disertakan pula beberapa reportase spesial humaniora terkait pengalaman pribadi pada pergaulan sehari hari.

140220

Salamsalaman

TD

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x