Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Kawan Pena Saran

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Indahnya Indonesia dari Bukber ke Halal Bi Halal

11 Juni 2019   16:06 Diperbarui: 11 Juni 2019   16:31 49 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Indahnya Indonesia dari Bukber ke Halal Bi Halal
picswe.com

            

beda tipis antara ikhlas dan rela
dua duanya terkait niat dan rasa
sungguh indah Negeri Pancasila
sesudah Bukber ada HBH juga

Orang Indonesia memang paling hebat sedunia. Kehebatan itu mengalahkan bangsa lain di lihat dari sisi banyaknya undangan makan dalam hitungan sebulan. Maksudnya undangan makan itu hanyalah deretan kedua ketika berbagai acara diselenggarakan. Tak nendang dan tidak lengkap rasanya kalau acara kumpul kumpul tidak di hidangkan makan. Jadi istilah mangan ora mangan pokoke kumpul tidak berlaku disini.

Anda tentu bertanya apa itu kepanjangan BPB dan HBH.  Di era banyak singkatan seperti saat ini tentu perlu di defenisikan terlebih dulu agar jelas apa makna dari dua singkatan tersebut.  Kalau kepanjangan MPR, DPR dan NKRI pastilah semua warga paham.  Sebentar, kini ada lagi singkatan CT. CT bukanlah berarti orang paling tajir di Indonesia Bapak Chairul Tanjung, tetapi CT di sini bermakna Calon Tunggal. 

jumlah jari pastilah lima
bertumpu satu jari mengepal
bila tak datang buka bersama
sempatkan hadir di halal bi halal

Bu Risma saking populernya di Surabaya, tidak ada calon lain yang berani maju ke pilkada serentak di akhir tahun 2015. Maka jadilah beliau CT yang jangan diplesetkan menjadi Cuci Tangan  bagi Parpol yang tidak berminat mencalonkan kadernya di beberapa daerah karena takut kalah (buang buang uang). Harap maklum petahana (incumbent) sekelas Bu Risma lebih berpeluang menjabat kembali. Sapa seng lawang.

Kembali ke BPB dan HBH. Singkatan ini memang belum lazim didengar penduduk, namun ketika dipanjangkan maka keluarlah suara serentak ...ooooo.  Menurut hemat awak BPB itu kepanjangan dari Buka Puasa Bersama dan HBH merupakan makna dari Halal Bi Halal. Ketika memasuki minggu kedua ramadhan maka mulailah datang undangan Bukber.   

kenapa presiden harus dikawal
bukankah beliau sedang liburan
halal bihalal di bulan syawal
ketemu kerabat salam salaman

Tergantung seberapa banyak komunitas yang digeluti seorang warga.  Semakin banyak dia berperan dan bergabung pada komunitas maka semakin banyak pula khalayak yang mengundang beliau untuk hadir di acara BPB.

Lihat saja Pak Presiden kita.  Dari hari kehari juru masak istana tidak perlu repot repot menyediakan cendol atau kolak.  Pak Presiden dengan senang hati menghadiri berbagai undangan baik yang datang dari pihak pemerintahan maupun yang datang dari pihak swasta.  Kehadiran Presiden merupakan kehormtan bagi diri Beliau sendiri dan juga kesuksesan Panitia BPB karena acara mereka menjadi pilihan Presiden diantara 30 hari berbuka  puasa diluar istana.

jangan lupa mengisi pulsa
syarat hubungan dunia maya
tidak ada halal bi halal di desa
besebab warga sering bersua

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN