Mohon tunggu...
Thalita Syifa Siregar
Thalita Syifa Siregar Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Saya mempunyai hobi membaca cerita

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Penyaluran Bakat Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler

21 Juli 2022   16:44 Diperbarui: 21 Juli 2022   18:06 573 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ekstrakurikuler atau yang biasa disingkat ekskul merupakan salah satu kegiatan tambahan non akademik yang dilakukan diluar jam mata pelajaran dan terdapat di SD, SMP maupun SMA. Biasanya, kegiatan ini dilakukan di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. 

Kegiatan ekstrakurikuler mempunyai tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan minat dan bakat serta mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan serta wawasan yang akan membentuk karakter tiap individu. 

Manfaat ekstrakurikuler bagi peserta didik adalah untuk  memberikan pendidikan sosial melalui pengamatan dalam hal kepempimpinan, kerjasama, persahabatan dan kemandirian, memberikan kesempatan peserta didik untuk bersosialisasi dan berinteraksi dalam ruang lingkup yang luas, serta melatih dan mengembangkan kreativitas peserta didik.

Macam-macam ekstrakurikuler yaitu yang pertama berupa krida contohnya seperti pramuka, PMR, paskibra. Kedua, ekskul yang berupa karya ilmiah seperti IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris. Ketiga, ekskul yang berupa latihan atau olah bakat atau juga prestasi seperti basket, futsal, paduan suara, rohis, karate, rohkris dan ekstrakurikuler lainnya yang tak kalah seru dan penuh wawasan baru bagi peserta didik.

Penyaluran bakat peserta didik dapat dilihat dari peserta didik yang mempunyai jiwa bersosialisasi yang tinggi dapat mengikuti pramuka, PMR, paskibra. 

Lalu, peserta didik yang hobi di bidang musik dan vokal seperti bernyanyi akan mengikuti ekskul paduan suara, peserta didik yang gemar olahraga dapat menyalurkan bakatnya di ekskul basket, futsal dan karate dan peserta didik yang menyukai kegiatan rohani dapat mengikuti rohis, rohkris ataupun ekskul keagamaan lainnya. Hal ini membuktikan bahwa ekstrakurikuler sangat bermanfaat bagi peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

Dokumentasi foto-foto ekstrakurikuler di SMPN 7 Depok :

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan