Mohon tunggu...
Teuku Narjul Kiram
Teuku Narjul Kiram Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiwa

Hobi: Fotografi, Menulis, dan Travelling

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Maryam Mirzakhani: Wanita Matematikawan Iran yang Memenangkan Fields Medal

15 Juni 2023   15:11 Diperbarui: 15 Juni 2023   15:26 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Maryam Mirzakhani : Wanita Matematikawan Iran dan Wanita Pertama yang memenangkan Fields Medal

Maryam Mirzakhani adalah seorang matematikawan Iran, ia lahir di Teheran pada Mei 1977, yang dikenal dengan menjadi wanita pertama yang dianugerahi Fields Medal, penghargaan paling bergengsi di bidang matematika.

Ini adalah kehormatan besar. Saya akan senang jika ini mendorong ilmuwan dan ahli matematika wanita muda. Saya yakin akan ada lebih banyak wanita yang memenangkan penghargaan semacam ini di tahun-tahun mendatang.

Maryam Mirzakhani saat konferensi pers pada 13 Agustus 2014, usai menerima Fields Medal.

 

Mirzakhani lahir dan besar di Teheran, Iran. Ketika saya masih kecil, saya bermimpi menjadi seorang penulis. Namun, di sekolah menengah, ketertarikannya pada pemecahan masalah matematika dan pembuktian mengubah fokusnya.

 

Ini menyenangkan, seperti memecahkan teka-teki atau menghubungkan titik-titik dalam kasus detektif. Saya merasa ini adalah sesuatu yang dapat saya lakukan, dan saya ingin melanjutkan jalan ini.

 

__ Maryam Mirzakhani

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun