Tekno

"Internet of Things" Sebagai Teknologi Masa Depan

13 November 2017   15:27 Diperbarui: 13 November 2017   15:51 246 0 0
"Internet of Things" Sebagai Teknologi Masa Depan
sumber; https://baysidejournal.com


Internet of Things memiliki potensi untuk mengubah dunia seperti pernah dilakukan oleh Internet, bahkan mungkin lebih baik. (Ashton,2009)

IOT atau Internet of Things adalah teknologi yang memungkinkan antar perangkat terkoneksi dengan perantara internet, atau menurut SAP (Systeme, Anwendungen und Produkte) Mendefinisikan IoT adalah Dunia di mana benda-benda fisik diintegrasikan ke dalam jaringan informasi secara berkesinambungan, dan di mana benda-benda fisik tersebut berperan aktif dalam proses bisnis. Layanan yang tersedia berinteraksi dengan 'objek pintar' melalui Internet, mencari dan mengubah status mereka sesuai dengan setiap informasi yang dikaitkan, disamping memperhatikan masalah privasi dan keamanan.

Belakangan ini iot mulai dimplementasikan ke berbagai sektor yaitu pembangunan, teknologi dan jaringan, keamanan, industri, pertanian dan masih banyak lagi, untuk lebih lengkapnya kita dapat melihat di diagram M2M/IOT yang dikemukakan oleh beecham research menjadi Sembilan sektor.

Sumber; https://erporate.com/internet-of-things/
Sumber; https://erporate.com/internet-of-things/

Geliat perkembangan iot tidak hanya dirasakan di luar negeri saja, kita manusia Indonesia juga mersakan bagaimana iot berkembang sebagai contohnya sudah dimulainya proyek smart city di berbagai kota di Indonesia, di bidang industry dan ekonomi juga sudah ada anak muda yang melihat peluang iot ini, sebut saja starup yang berasal dari bandung yaitu eFishery yang bergerak dalam bidang budidaya perikanan sudah menerapkan iot dalam produk mereka, atau juga ada starup kepunyaan arek suroboyo yaitu cubeacon yang merupakan pengimplementasian iot dengan menghubungkan antar perangkat menggunakan sebuag kubik.

Dalam perkembangan iot ini memungkinkan berkembangnya teknologi lain yang mendukungnya seperti Big Data sebagai server yang menyimpan seluruh data  iot.

Seperti yang tertulis diawal artikel ini Kevin Ashton mengatakan bahwa iot memiliki peluang untuk mengubah dunia seperti internet bahkan dia mengatakan bahkan mungkin bisa lebih baik, sekarang coba kita pikirkan peangkat yang kita gunakan sehari-hari semisal gelas, lampu, baju bahkan payung dapat kita kontrol bahkan dapat melakukan pelayanan tanpa ada perintah dari kita, begitulah mungkin kedepannya teknologi bergerak, dunia dimana perangkat fisik dapat saling terhubung sehingga membantu segala kebutuhan manusia.