Mohon tunggu...
Teguh Ikhmal Bakhtiar
Teguh Ikhmal Bakhtiar Mohon Tunggu... Lainnya - Kosong itu isi, Isi itu kosong, teguhikhma@gmail.com

Apa yang membuat kamu yakin sekarang kamu sedang tidak bermimpi?

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Cara Menahan Amarah dari Pandangan Psikologi

12 Januari 2023   07:13 Diperbarui: 12 Januari 2023   07:25 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Sumber: kaskus.co.id

Ada beragam teknik yang efektif untuk mengendalikan amarah, karena kendali emosi ini dapat mempengaruhi interaksi seseorang dengan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan bimbingan dan konseling khusus untuk mengembangkan kepribadian melalui teknik-teknik tersebut.

Emosi dan amarah seseorang dapat diturunkan sejak masa kecil hingga dewasa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan khusus untuk mengendalikan emosi dan amarah tersebut. Metode yang diajarkan harus dapat diterapkan pada segala usia, terutama untuk mengatasi masalah orang yang memiliki temperamen yang sulit dikendalikan. Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah amarah adalah dengan menggunakan teknik akupresur. Teknik ini menggunakan metode pemijatan dan menggosok tubuh untuk mengeluarkan energi negatif yang ada pada saat seseorang sedang marah, sehingga hasil akhirnya adalah perasaan rileks.

Selain akupresur, ada teknik lain yang dikenal sebagai Emotional Freedom Technique (EFT) untuk mengendalikan amarah. EFT dapat digunakan bersama-sama dengan akupresur untuk mengatasi energi negatif. EFT bertujuan menyeimbangkan fungsi otak dan membantu individu untuk memaafkan orang lain dengan mengakui masalah yang ada. Teknik-teknik ini sangat efektif untuk membantu melepaskan rasa marah dan menciptakan suasana rileks dalam diri.

Teknik lain untuk mengendalikan amarah adalah dengan membuat sebuah jurnal atau catatan. Catatan ini berisi situasi dan kondisi yang dapat menyebabkan tensi emosional Anda meningkat. Menuliskannya dalam sebuah catatan akan membantu melepaskan emosi negatif dari pikiran. Selain itu, catatan ini juga dapat digunakan sebagai pengingat. Jika seseorang merasa marah dan mengingat catatannya, hal itu akan membantu menyingkirkan pemikiran negatif yang ada.

Teknik pengendalian amarah ini dilakukan dengan rinci dengan harapan dapat menurunkan tingkat tensi seseorang yang sudah merasa cemas. Dengan terbiasa mengenali situasi yang dapat menyebabkan emosi naik, seseorang diharapkan dapat mengubah perilaku negatif yang dimiliki. Dalam teknik-teknik pengendalian amarah, salah satu metode yang cukup efektif adalah menjauh dari situasi yang berpotensi menyebabkan amarah. Jika seseorang mengenali diri sendiri sebagai orang yang sulit mengendalikan amarah, maka solusi yang efektif adalah menghindari situasi atau perdebatan yang mungkin menyebabkan keributan.

Seseorang yang memiliki emosi yang mudah meledak dan dengan mudah melepaskan amarah dengan cara fisik seperti memukul atau mengajak bertengkar harus menghindari situasi seperti itu. Beberapa orang dengan masalah temperamen yang kronis sering mencari-cari alasan untuk marah. Dengan mengadopsi teknik pengendalian amarah, mereka harus berusaha untuk mengubah cara pandang mereka.

Dari pada terlibat dalam masalah, lebih baik menghindarinya. Menerapkan teknik pengendalian amarah yang baik dan efektif sangat penting bagi seseorang yang mencoba mengatasi masalah temperamen mereka. Ada banyak sumber informasi tentang metode ini di internet, seperti melalui website yang menyediakan informasi, saran, dan tips tentang teknik pengendalian amarah, membaca dan mengeksplorasi sumber-sumber tersebut akan sangat membantu.

Tidak perlu mencoba semua teknik yang tersedia, cukup pilih satu yang sesuai dengan gaya Anda. Anda mungkin perlu mencoba setidaknya satu teknik dari setiap metode yang ada untuk menemukan yang paling cocok. Ketika Anda berniat untuk mengendalikan atau menghilangkan perasaan negatif dari diri Anda, eksplorasi metode yang ada sangat berguna dan penting untuk menemukan teknik yang sesuai dengan Anda.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun