Mohon tunggu...
Tegar Yulianto
Tegar Yulianto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional - Universitas Sriwijaya (UNSRI)

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Perkembangan Industri Keamanan Siber Tiongkok

2 Desember 2021   12:00 Diperbarui: 2 Desember 2021   12:36 154 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Keamanan. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Pixelcreatures

Perkembangan Awal Industri Keamanan Siber Tiongkok

Pada akhir 2010-an perkembangan industri keamanan siber di Tiongkok cukup besar tetapi masih tidak terlalu kuat. Dalam dua dekade terakhir industri keamanan siber ini terus mengalami pertumbuhan yang pesat karena mendapat dorongan berupa dukungan dari pemerintahannya Tiongkok sendiri baik untuk menghadapi persaingan ekonomi, teknologi dan keamanan internasional dalam menghadapi kejahatan di dunia maya, serta kebutuhan mendesak Chinese Communist Party (CCP) atau Partai Komunis Tiongkok untuk melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap warga negaranya yang merupakan kelompok pengguna internet terbesar di dunia. 

Namun, dengan adanya hal tersebut perusahaan keamanan siber Tiongkok masih belum diakui secara internasional terutama dengan fakta bahwa Tiongkok menjadi tempat berkumpulnya kejahatan siber, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk menyelesaikan permasalahan ini, pemerintah Tiongkok dalam Garis Besar Strategi Pengembangan Informasi Nasional menyatakan bahwa “membangun negara yang memiliki keamanan siber yang kuat tidak boleh membuang banyak waktu”. 

Strategi dan rencana pembangunan keamanan siber telah mereka rencanakan sejak pertengahan tahun 2010-an yang membuat peta pembangunan secara terperinci demi kemajuan informasi dan keamanan siber Tiongkok ke tahun 2020-an dan tahun-tahun berikutnya. 

Pembangunan ini juga diikuti oleh upaya yang lebih luas secara fundamental dalam melakukan reformasi terhadap model pembangunan Tiongkok untuk mengejar ketertinggalan industri menjadi pertumbuhan yang terus didorong oleh inovasi. Kepentingan politik yang masih mengakar, kelemahan struktural yang cukup parah seperti fragmentasi birokrasi, rezim peraturan yang lemah, serta alasan ekonomi dan keamanan masih terus menjadi penghalang. 

Walaupun begitu, peluang yang dimiliki Tiongkok menjadi kekuatan siber yang kuat terlihat menjanjikan karena jumlah mobilisasi top-down yang sangat efektif dalam sistem pemerintahan Tiongkok dengan sistem yang otoriter dalam melaksanakan kebijakan tertentu.

 

Strategi Keamanan Siber Tiongkok

Serangkaian strategi dan rencana yang berkaitan dengan keamanan siber telah dirilis dalam beberapa tahun terakhir yang memperlihatkan pendekatan secara hati-hati dan dengan prioritas yang tinggi oleh rezim Xi Jinping terhadap perkembangan Tiongkok yang menjadi kekuatan siber di dunia. 

Dimulai dari perencanaan strategi keamanan siber yang besar hingga rencana jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang yang secara khusus dalam pengembangan industri keamanan siber, serta melakukan perluasan domain informasi di Tiongkok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Keamanan Selengkapnya
Lihat Keamanan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan