Mohon tunggu...
tegarsianipar
tegarsianipar Mohon Tunggu... Freelancer - Pegawai

Sederhanakan segala sesuatu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Berikut 3 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Menuju 2023

24 November 2022   06:00 Diperbarui: 24 November 2022   06:03 372
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tidak terasa tahun 2022 sebentar lagi akan ditutup dan diakhiri, 2023 menanti dengan sungai informasi yang dipenuhi pesimistis dan limbah berita resesi, menjelang-jelang akhir tahun akan menjadi timing yang tepat untuk kita mulai mengkalkulasi segala persiapan dan kemungkinan di 2023.

Mempersiapkan diri untuk bersiap menghadapi badai serta mengarungi gelombang ombak 2023, dengan cara mengkalkulasi segala kemungkinan yang terjadi di tahun 2023, dan mempersiapkan sekoci mental, spritual, serta finansial. Tat kala mengingat kita hanya manusia, sekali lagi kita hanya bisa berencana dan tetap Tuhan yang menentukan, itu yang saya percayai.

Artinya sehebat apapun manusia memprediksi segala kemungkinan yang terjadi di tahun 2023, tetap saja status nya adalah prediksi bukan kepastian yang dijamin berdasarkan kuasa Yang Maha kuasa.

Namun, sebagai manusia yang diciptakan Tuhan, yang memiliki keistimewaan yakni akal dan pikiran, ada baiknya kita memanfaatkan pemberian Tuhan itu dengan menggunakanya sebaik-baiknya untuk kepentingan dan persiapan diri kita dalam menghadapi masa depan.

Berikut 3 hal yang menurut saya dapat kita persiapkan dalam hal mempersiapkan diri untuk menghadapi 2023 dan saya akan merangkumnya ke dalam 3S, yakni : 

1. Sehatkan mental mu

Kesehatan mental sangat berhubungan dengan hal yang berharum spritual serta emosional manusia, meditasi spritual yang dalam, membuat batin seseorang dapat lebih tenang menghadapi masa lalunya, masa kininya dan masa depanya. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk dapat lebih mengatur napas kita, untuk merasakan kedalaman batin untuk menguatkan mental kita agar siap menghadapi hal-hal yang tidak terduga di masa depan.

2. Sehatkan tubuh jasmani mu

Setelah kesehatan mental sudah dilatih, saatnya kita melatih kesehatan fisik tubuh jasmani kita, seperti kata pepatah didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat, jadi selain menyehatkan mental kita juga perlu untuk menyehatkan fisik jasmani kita agar dapat tangguh dan kuat menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang tidak terperkirakan, seperti halnya pandemi covid-19 yang lalu, siapa yang akan menduga bahwa tahun 2020 akan menjadi tahun dimana manusia diharapkan mempunyai sistem imun tubuh yang kuat untuk melawan virus. 

Jadi ada baiknya kita mulai merencanakan untuk melatih tubuh kita dalam rangka mempersiapkan imun tubuh yang baik untuk menghadapi masa depan.

3. Sehatkan finansial mu 

Setelah kesehatan mental, fisik, sudah dilatih. Saatnya kita mulai melatih untuk menyehatkan finansial kita, menyehatkan finansial yang saya maksudkan disini bukan berarti kamu harus punya 3 Milyar setelah umur 30 tahun, atau harus sudah finansial freedom, harus sudah punya rumah, ini, itu. Tidak, bukan kesehatan finansial seperti itu yang saya maksudkan.

Menyehatkan finansial yang saya maksudkan adalah, kita mulai melatih diri dengan cara bergaya dan melatih pola hidup kita dengan cara : membuat uang yang kita keluarkan lebih kecil dari pada pemasukan kita, artinya jika kita punya penghasilan 5 juta dalam sebulan, ada baiknya pengeluaran hidup kita, kita usahakan paling maksimal itu 4 juta. Nah sisanya bisa kita belikan aset, baik itu saham, atau emas, atau aset-aset yang kita pahami lainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun