Mohon tunggu...
tegarsianipar
tegarsianipar Mohon Tunggu... Freelancer - "Si Vis Pacem, Para Bellum"

Buku, Saham, Musik, Bola dan Imajinasi

Selanjutnya

Tutup

Money

5 Cara Menjadi Kaya di Tahun 2022

9 September 2022   13:53 Diperbarui: 9 September 2022   13:55 317
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1. Bekerja

Untuk kita yang lahir dari keluarga yang tidak kaya, atau lebih tepatnya miskin. Jadi mau gak mau ya kita harus kerja dulu, karena kalau kita gak kerja dari mana uang kita untuk memenuhi kebetuhan hidup dan mengumpulkan modal.

kalau kita anak pengusaha atau anak orang kaya, ya tentu kita bisa saja langsung meminta modal untuk membuat usaha dari ayah atau ibu kita, atau kalau kita lahir dari keluarga pengusaha ya tentu mudah saja untuk kita punya usaha atau ya tinggal meneruskan usaha orang tua kita saja, karena sudah dibangun sejak awal pondasinya.

Jadi, karena kebetulan penulis disini anak orang susah juga, jadinya saat ini saya ya masih bekerja dan mengharapkan gaji bulanan untuk memenuhi kehidupan saya, sambil bersamaan dengan itu saya sisihkan uang saya dan mengalihkan nya kedalam bentuk aset.

Saat ini sebagian uang saya yang saya tabung, saya investasikan ke saham dan tanah yang saya beli dari hasil uang yang saya sisihkan dari gaji saya, ya walaupun masih kecil tapi tidak papa, setidaknya sudah mulai membangun aset sendiri.

Jadi poinnya kalau kita tidak terlahir dari keluarga yang kaya, sebaiknya kita bekerja dulu untuk mengumpulkan modal kita membangun usaha kita sendiri.

2. Menyisihkan Sebagian Uang Kita

Kalau kita tidak menyisihkan sebagian uang dari hasil pekerjaan kita dan membangun aset kita, maka saya pastikan kita akan terjebak terus dalam kemiskinan.

Kita tidak akan pernah bisa kaya jika hanya mengandalkan gaji kita, Tidak ada orang kaya di dunia ini yang kaya dari hanya sekedar gaji mereka.

Mereka membangun aset, mereka membeli saham, real estate, membangun bisnis, membuat konten, semua itu adalah bentuk dari penyisihan uang yang dijadikan modal untuk mengubahnya menjadi bentuk aset.

Sebagai contoh, misalnya kita mau menjadi youtuber tentu kita memerlukan peralatan untuk kita menjadi youtuber, seperti HP atau Kamera, Tripod sebagai penyangga, sampai sesederhana kuota internet, tentu untuk membeli itu semua membutuhkan uang, jadi kalau kita tidak menyisihkan sebagian gaji kita habis saja tiap bulannya, bagaimana kita mau membeli peralatan yang akan menjadi aset kita untuk membangun bisnis kita.

sumber : Quora
sumber : Quora

3. Membangun Aset Digital

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun