Mohon tunggu...
Tegar Farisi
Tegar Farisi Mohon Tunggu... Hidup seperti Lary

Tampan dan Berani adalah jalan ninja ku

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Mengedukasi Masyarakat agar Waspada terhadap Virus Corona

2 Juli 2020   23:38 Diperbarui: 2 Juli 2020   23:34 5 0 0 Mohon Tunggu...

Penulis: R. Tegar Farisi Mahardika
Sabtu 27 Juni 2020

Coronavirus atau Syndrome Pernapasan Akut Parah Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini disebut COVID-19. Coronavirus dapat menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang parah dan bahkan kematian. 

Sindrom pernafasan akut berat coronavirus 2 (SARS-CoV-2), juga dikenal sebagai coronavirus, adalah jenis baru coronavirus yang dapat menyebar ke manusia. Virus dapat menginfeksi siapa saja, seperti orang lanjut usia (pikun), dewasa, anak-anak dan bayi, termasuk wanita hamil dan ibu menyusui.

Infeksi virus korona disebut COVID-19 (Penyakit Virus Corona pada 2019) dan pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menyebar dengan sangat cepat dan menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam beberapa bulan. Ini telah menyebabkan beberapa negara menerapkan kebijakan yang membatasi warganya untuk mencegah penyebaran virus korona. Di Indonesia, kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSBB) diterapkan untuk menekan penyebaran virus ini.

Adhiatma Gunawan, kepala Head of Medical Management of Good Doctor , mengatakan bahwa salah satu langkah pencegahan yang dapat diambil oleh masyarakat Indonesia terhadap Covid-19 adalah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Menurutnya, setidaknya ada lima cara sederhana dan efektif untuk mencegah infeksi coronavirus secara efektif. Pertama, cuci tangan dengan benar dengan air mengalir. 

Kedua, tutupi hidung dan mulut Anda saat batuk atau bersih, dan coba tutupi dengan tisu. Ketiga, jauhkan diri dari penderita flu atau gejala flu. Ini karena gejala umum yang disebabkan oleh Covid-19 adalah flu. Keempat, masak daging atau telur sampai matang. Kelima, jauhi hewan ternak. "Perilaku hidup bersih dan sehat adalah kegiatan yang diharapkan untuk mencegah penyebaran infeksi virus, termasuk infeksi baru ini. Setelah kasus ini dihentikan, perilaku ini seharusnya tidak berhenti. Untuk kesehatan Anda sendiri, Anda harus terus melakukannya." Ujarnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x