Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi "The New You" dan Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : Taura_Official email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Orangtua, Begini 3 Trik Jitu Bernegosiasi dengan Anak

26 November 2020   13:15 Diperbarui: 28 November 2020   05:28 593 44 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Orangtua, Begini 3 Trik Jitu Bernegosiasi dengan Anak
Orangtua harus bijak melakukan negosiasi dengan anak (Shutterstock.com)

"Tindakan yang lahir dari paksaan akan melahirkan ketidaknyamanan. Dan tindakan yang lahir dari ketulusan akan melahirkan totalitas dan keikhlasan" (TauRa)

Orangtua memang memiliki wewenang untuk "memaksa" anaknya melakukan sesuatu, apalagi yang terkait dengan kebaikan si anak (meskipun bisa jadi belum tentu sesuai dengan keinginan anak dan kebaikannya). 

Tetapi minimal, dengan pengalaman dan "asam garam" yang dilalui orangtua, bisa jadi itu memanglah yang terbaik untuk anaknya sehingga dia "memaksa" anaknya untuk mematuhi perintah itu.

Salah? tentu saja tidak. Minimal itu yang dipikirkan oleh orangtua. Tetapi bagaimana menurut Anda (sebagai orangtua), kalau apa yang dilakukan anak kita itu sama dengan apa yang mereka ingin lakukan, apakah mereka akan ikhlas melakukannya? Pastinya.

Tetapi sayangnya, seringkali keinginan anak itu berbeda dengan keinginan orangtua. Lalu bagaimana sikap orangtua menghadapi hal ini? Dan yang lebih penting lagi dan yang akan kita bahas kali ini, bagaimana kalau anak tetap bertahan dengan keinginannya dan melakukan "negosiasi" dengan orangtua untuk tetap melakukan keinginannya? apa yang akan orangtua lakukan? apakah tetap bertahan dengan cara lama seperti memaksa dan turunannya?

Kali ini saya akan berbagi tentang 3 trik jitu bagaimana kalau kita berhadapan dengan anak yang gemar sekali "bernegosiasi" dengan perintah, saran atau anjuran yang kita lakukan.

1. Beri Hadiah Kesukaannya Lalu Minta Melakukan Apa Keinginan Anda
Pernahkan Anda meminta anak Anda belajar lalu dia mengatakan ingin bermain dulu? Kalau pernah, maka jangan buru-buru memarahinya. Dia hanya ingin bernegosiasi dengan Anda.

Anda hanya perlu tersenyum dan menciumnya. Lalu lakukan negosiasi dengan cara ini. Coba minta sekali lagi dengan lembut. Kalau belum berhasil, maka coba tawarkan hadiah kecil untuk anak Anda dengan catatan, dia harus mengikuti permintaan Anda setelah mendapatkan hadiah itu.

Anak kecil itu tulus dan jujur. Dia pasti akan menepati janjinya jika Anda sudah memberikan hadiah itu. Dan pada saat ini, Anda sudah berhasil menanamkan di pikiran anak Anda kalau Anda adalah orangtua yang terbuka dan tidak suka memaksa.

Hal ini tentu saja bagus untuk Anda, anak Anda dan untuk semuanya.

2. Biarkan Dia Melakukan Permintaannya, Tetapi Batasi Waktunya
Cara kedua, jika anak Anda tetap ingin melakukan negosiasi (seperti contoh di atas), maka Anda bisa "melonggarkan" waktu sejenak untuknya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x