Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi "The New You" dan Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : Taura_Official email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Terungkap, Inilah Waktu Rahasia Membangun Jaringan

27 Oktober 2020   08:33 Diperbarui: 27 Oktober 2020   08:45 296 55 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terungkap, Inilah Waktu Rahasia Membangun Jaringan
Punya jaringan yang luas adalah salah satu kunci sukses saat ini (sumber:educenter.id)

Membangun jaringan adalah salah satu langkah yang bisa kita lakukan untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Jaringan pertemanan yang tulus, seringkali berakhir dengan kerja sama bisnis dan lain sebagainya. 

Jika pada zaman dahulu banyak hal yang bisa diselesaikan sendirian, maka zaman milenial ini, banyak hal yang bisa diselesaikan dengan melibatkan kolaborasi dan kerja sama. Bedanya adalah, hal yang diselesaikan dengan kolabosai pasti lebih besar di banding hal yang dikerjakan secara individu.

Bicara tentang membangun jaringan, maka tentu saja kita perlu tahu waktu yang tepat dalam membangunnya. Jika waktu yang kita lakukan tepat, maka penerimaan orang pun akan baik dan pada akhirnya hubungan yang terbangun akan lebih harmonis dan penuh dengan ketulusan. Sebaliknya, jika waktu kita salah dalam membangun jaringan, maka bisa jadi urusan akan semakin runyam dan hubungan justru akan semakin memburuk.

Pertanyaannya tentu saja adalah, kapankah waktu yang tepat itu? Tenang, kali ini kita akan bongkar sebuah rahasia tentang waktu yang paling tepat untuk membangun jaringan atau network Anda. Penasaran? Tenang, kita akan bongkar sesaat lagi. 

Mari kita mulai. Berikut adalah waktu rahasia dalam membangun jaringan Anda.

Bangun Jaringan Ketika Tidak Ada yang Sadar Anda Membangun Jaringan

Di dalam buku "Never Eat Alone" yang ditulis oleh Keith Ferrazzi, dia mengulas bagaimana mantan Presiden Amerika, Bill Clinton mulai membangun jaringan jauh sebelum dia menjadi Presiden Amerika. Dia membangun jaringannya pada saat orang lain tidak sadar kalau dia sedang membangun jaringan. 

Ketika masih sekolah dulu, dia sudah mulai mengumpulkan nama-nama orang yang dikenalnya satu demi satu. Ketika ada yang bertanya mengapa dia melakukan hal itu?, maka dengan sederhana dia menjawab, "Saya berharap suatu hari nanti akan menjadi Gubernur di Arkansas dan semua nama-nama ini akan sangat berguna untuk saya".

Singkatnya, kita tahu apa yang terjadi kemudian. Sampai kemudian dia menjadi Presiden Amerika pun, dia masih ingat nama-nama orang yang pernah dikumpulkan namanya itu.

Jadi, jika kita ingin membangun jaringan pertemanan bahkan bisnis kita,  maka mulai dari sekarang mumpung tidak ada orang yang sadar kalau Anda sedang membangun jaringan. Semuanya akan menjadi berbeda ketika semua orang sudah sadar kalau Anda memang sedang membangun jaringan.

Jadi, curi langkah pertama sebelum orang lain sadar bahwa kau sedang membangun jaringan.

Bangun Jaringan Ketika Anda Tidak Membutuhkan Apapun dari Orang Lain

"Waktu terburuk dalam membangun jaringan adalah pada saat Anda membutuhkan sesuatu dari orang lain, dan waktu terbaiknya adalah pada saat Anda tidak membutuhkan apa-apa dari orang lain" (TauRa)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x