Mohon tunggu...
Taufiq Rahman
Taufiq Rahman Mohon Tunggu... Administrasi - profesional

Menyukai sunyi dan estetika masa lalu | Pecinta Kopi | mantan engineer dan titik titik...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

I'm Happy at Your Home, Kompasiana

2 Oktober 2018   16:09 Diperbarui: 3 Oktober 2018   08:49 396
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

HAMPIR setiap manusia itu, menurut Abraham Maslow - seorang pelopor aliran humanistik psikologi, butuh untuk dihargai dan kebutuhan untuk meng-aktualisasi dirinya. Adanya media sosial saat ini, sedikit banyak, bisa memenuhi kebutuhan dasar manusia itu. Selain media sosial, kita juga mengenal forum-forum diskusi -yang on dan off air, bergabung di komunitas hobi, dan lain sebagainya.

Seperti orang kebanyakan, untuk memenuhi kebutuhan itu, saya juga memiliki banyak ragam cara. Saya bergabung di puluhan WhatsApp grup (WAG), membentuk forum-forum kecil pengkajian agama, aktif di komunitas professional, dan lain sebagainya. Untuk Whatsapp Group, saya bergabung di banyak sekali grup. Ada hampir 10-an WAG di satu handphone saya.

Namun, dari hampir 10-an WAG itu, ternyata, tidak semuanya bisa membuat saya betah. Bahkan saya merasa jengah.

Saya tidak menyukai WAG teman-teman sekolah lama saya. Mereka, teman-teman lama sekolah saya, seperti tidak pernah berubah: dulu begitu- hari ini juga begitu. Meski usia mereka kini sudah setengah baya, mereka masih saja suka mengolok-olok: menggunakan kekurangan sebagai bahan candaan (seperti pada saat kami masih sekolah). Saya paham, mungkin bagi sebagian dari mereka, ini adalah salah satu cara untuk membuat mereka semakin akrab. Tetapi, jujur, tidak bagi saya.

Bayangkan, mereka masih saja memanggil sebagian dari teman-temannya dengan nama lain atau alias- yang apesnya nama lain itu adalah kekurangan fisik, nama orang tua, kemiskinan, kebodohan dan lain-lain.

"Hahahaha... bukan begitu mbah Kartiyem." Mereka itu sangat kebangetan! Teman saya yang dipanggil Kartiyem hanya bisa diam. Kartiyem, yang saya tahu adalah nama orang tua salah satu teman saya. Saat kami sekolah, dahulu, teman saya memang suka meledek dengan menyebut nama orang tua. Saya menduga, pasti teman saya itu sangat malu saat nama ibunya yang terdengar "ndeso" itu disebut. Bagaimana perasaan dia, yang (mungkin) saja demikian dihargai di tempat pekerjaannya sekarang dan memiliki anak buah puluhan dan terpelajar, tiba-tiba harus dipanggil "Kartiyem".

"Dia dulu tuh kulitnya paling item sekelas. Sekarang mungkin sudah berevolusi menjadi bersih karena sudah operasi," kata teman saya yang lain.

Jengah dengan candaan yang begitu merendahkan, saya pun akhirnya memutuskan tidak lagi membaca chat. Saya biarkan chat itu masuk ke gawai berhari-hari. Sampai ribuan. Setelah itu saya hapus. Saya agaknya belum memiliki keberanian cukup untuk menulis "My apology for leaving the Whatsapp group." Ciri khas kita yang orang timur adalah santun, sehingga saya merasa tidak enak untuk keluar.

Di WAG yang lainnya, saya juga beberapa kali jengah dengan seorang teman yang memutuskan untuk "berubah". Ia kini tiba-tiba begitu menyukai dakwah. Saya sebenarnya tidak anti dakwah. Tetapi, dakwah itu, menurut saya, semestinya, bukanlah disampaikan dengan kalimat-kalimat yang mem-vonis, men-judgment salah. Dakwah itu harusnya memberikan terang. Mencerahkan. Seperti suluh di ruang yang gelap.

Teman saya itu, Hana (sebut saja demikian), tiba-tiba menjadi sangat religius. Ia dulu tidak begitu. Di WAG, ia kini rajin menulis dakwah-dakwah agama. Itu bagus sekali, saya pikir. Tetapi, ia agaknya lupa bahwa tidak semua orang menyukai dakwah yang ia sampaikan dengan berlebihan dan terus menyindir. Kadang-kadang, dalam dakwahnya itu, ia sisipkan kisah-kisah tentang surga dan neraka.

Selain Hana, saya juga kenal Listyo, teman saya yang lain. Ketika kami masih bersekolah, Listyo adalah anak yang cenderung slengekan. Ia tampak tidak suka diatur. Jarang saya melihatnya sholat. Malah, waktu kami masih sekoah, aku lebih melihatnya sebagai jagoan kelas. Badannya memang kekar dan berisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun