Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Ngopi di Sebelah Masjid Berhias Mobil Terbang

31 Juli 2022   08:23 Diperbarui: 31 Juli 2022   08:24 165 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Masjid dan Mobil Terbang: Dokpri

Setelah berkunjung ke Pantai Kesirat di selatan Gunung Kidul, Kecamatan Panggang dan sempat menikmati serunya melewati jalan akses yang sempit, kami segera kembali menuju kota Yogyakarta. Hari masih ketika kami melewati Jalan Suluk, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang.

Di sebelah kanan tampak sebuah masjid yang sekilas terlihat megah dengan menara yang lumayan tinggi dan arsitekturnya yang modern, di depannya juga ada tempat parkir yang lumayan luas di tepi jalan. Namun yang membuat masjid ini khas adalah sebuah tugu yang tinggi dengan hiasan sebuah mobil berwarna kuning di puncaknya.

Menara Masjid: Dokpri
Menara Masjid: Dokpri

Kami akhirnya memutuskan untuk berhenti dan sekedar beristirahat di sini. Setelah memarkir kendaraan.

"Masjid Al Ikhlas, Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Indonesia," demikian tilusian yang tertera dengan warna kuning emas  di depan masjid dengan latar belakang marmer hitam. Sekilas terkesan mewah walau lokasinya jauh dari kota besar. 

Masjid ini juga terkesan memiliki gaya minimalis dengan bentuk sada depan berbentuk empat persegi panjang dengan hiasan kaligrafi dengan kombinasi nuansa kuning emas dan putih nerona wana krem. Menaranya lumayan tinggi menjulang dengan bentuk monument dan hanya berhias bulan sabit warna kuning emas di atasnya.  Tidak ada kubah atau pun bentuk-bentuk yang secara tradisonal mirip sebuah masjid.

Setelah mampir sejanak di masjid, saya kemudian berkkunjung ke tugu mobil di sebelahnya yang tearasa lebih monumental.  Tingginya melebihi menara masjid dan mobil warna kuning yang seakan-akan terbang ke angkasa memang tampak sangat monumental.

"Semangat Mobil Listrik Indonesia Maju Terus Pantang Mundur," demikian tertulis dengan huruf besar pada monumen mobil kuning tersebut.  Di bagian bawah tugu baru jelas tertulis beberapa fasilitas yang ada di tempat yang terletak di sebelah masjid Al Ikhlas ini.  Yaitu sebuah tempat ngopi bernama Kopi Panggang , sebuah villa lengkap dengan tempat oleh-oleh.

Kopi Panggang: Dokpri
Kopi Panggang: Dokpri

Ketika masuk ke dalam dengan kontur yang menanjak, terlihat beberapa bangunan bertingkat dua  megah dengan atap arsitektur model  tradisional Jawa dengan genting warna tanah liat yang khas.  Di depannya ada sebuah prasasti dengan nama Blarak Villa lengkap dengan segala paparan fasilitas yang ada seperti Camping ground, kolam renang, ruang meeting dan juga jogging track. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan