Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Dengan Bus Tingkat Terbuka Menguak Kisah Kelam Edinburgh Castle

29 April 2022   17:18 Diperbarui: 29 April 2022   17:33 93 6 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edinburgh castle: edinburghcastle.scot

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi bila mampir ke Ibu kota Skotlandia adalah Edinburgh Castle.  Sebuah tempat bersejarah yang selalu terlihat dari seantero kota karena lokasinya yang ada di atas bukit.  Ada berbagai cara untuk mampir ke sana , salah satunya dengan naik bus Hop of Hop off yang memiliki atap terbuka dan dilengkapi audio guide dalam berbagai bahasa.

Walaupun cuaca cukup dingin dan angin yang berhembus dari utara cukup menusuk tulang, kami lebih suka duduk di lantai atas yang terbuka dan menikmati pemandangan kota Edinburgh .Anak-anak juga tetap gembira bermain dan bercanda sepanjang perjalanan. Kebetulan di lantai atas bus tidak ada penumpang lain sehingga kami lebih bebas bercandaria .

Kami memilih naik bus Hop o Hop off ini sehingga bisa pergi ke berbagai tempat dalam waktu yang cukup singkat. Setelah sempat berkeliling kota Edinburgh, akhirnya kami memutuskan untuk turun di Edinburgh Castle dan melihat tempat paling bersejarah di Skotlandia.

Dari bus, kami berjalan menuju ke Castle dan sampai di gerbang masuk utama yaitu Gate House setelah melewati draw bridge atau jembartan angkat yang di bawahnya terdapat ditch atau parit yang kering tanpa air. Di kedua sisi gerbang ini terdapat patung dua pahlawan Skotlandia yairu Robert the Bruce dan William Wallace.  

Keduanya merupakan pahlawan kemerdekaan Skotlandia pada abad akhir abad ke 13 dan awal abad ke 14. Kisah mengenai William Wallace ini pernah diangkat ke layer perak dalam film Brave Heart.

Tempat pertama yang menarik untuk dilihat adalah gerbang Portcullis Gate, yang merupakan pintu gerbang utama untuk masuk ke dalam benteng yang dibangun lebih dari 450 tahun yang lalu.  Tepat di atas gerbang ini terdapat Argyle Tower. 

Edinburgh Castle merupakan kompleks benteng dan istana serta markas militer yang telah berusia ratusan tahun. Namun kini berfungsi lebih sebagai museum yang telah berstatus sebagai UNESCO World Heritage.  Banyak tempat dan bagian yang menarik untuk dikunjungi dan bisa memakan waktu seharian  bila ingin mengunjungi semua tempat.   

Karena itu berbekal leaflet dan penjelasannya serta audio guide, kami mampir ke bagian-bagian castle sesuai kehendak. Lebih bebas dan bisa menikmati perjalanan.

Argyle Battery: edinburghcastle.scot
Argyle Battery: edinburghcastle.scot

Setelah melewati Portcullis Gate, ada deretan meriam yang berjumlah enam dan disebut Argyle Battery. Sambil melihat-lihat meriam ini, kita juga dapat melihat pemandangan indah kota Edinburgh yang membentang di kejauhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan