Mohon tunggu...
Taufik Gailea
Taufik Gailea Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sadar Kesehatan Gigi dan Mulut, KKN 11 UMM 2019 Ajarkan Sikat Gigi yang Baik dan Benar

2 Agustus 2019   20:05 Diperbarui: 2 Agustus 2019   20:40 74 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sadar Kesehatan Gigi dan Mulut, KKN 11 UMM 2019 Ajarkan Sikat Gigi yang Baik dan Benar
picsart-08-02-08-38-14-5d443d38097f36088359c632.jpg

Malang -- Menyadari pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 11 mengadakan pelatihan cara sikat gigi yang baik dan benar di SD Negeri 1 Karangnongko.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (1/8) dengan tujuan untuk mengajarkan cara menyikat gigi yang baik dan benar. Selain itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk membiasakan menyikat gigi sejak dini kepada para siswa.

Siswa yang terlibat merupakan siswa kelas 1, 2, dan 3. Menurut Muhammad Faiz Hermawan selaku Ketua Divisi Kesehatan dan Lingkungan, siswa kelas 1, 2, dan 3 diibaratkan seperti tanah liat yang masih basah dan mudah dibentuk. "Agar lebih maksimal hasilnya, seperti yang kita harapkan bersama" ujarnya.

Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi terkait cara menggosok gigi yang benar, kapan harus menggosok gigi, dan penyampaian dampak yang dapat ditimbulkan akibat tidak menggosok gigi kepada para siswa. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan praktek langsung cara menggosok gigi yang baik dan benar di halaman sekolah.

"Pada awalnya saat memberikan materi sedikit mengalami kesulitan karena suasana siswa-siswi yang mengikuti kegiatan Gigi Bersihku kurang kondusif. Akan tetapi di luar dugaan, ternyata mereka menyimak dan antusias terhadap kegiatan ini," ujar Febrianti Putri Lestari selaku pemateri.

Menurut Rybut Setyowati selaku Kepala Sekolah SD Negeri 1 Karangnongko, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa, mengingat sikat gigi merupakan aktivitas yang sangat penting dalam merawat gigi anak-anak.  Drs. Moh. Jufri, S.T, M.T sebagai dosen pembimbing lapangan juga menyatakan hal yang sama terkait kegiatan tersebut.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x