Mohon tunggu...
Taufik Hidayat
Taufik Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa

Kita tidak bisa menikmati Jika tidak ada rasa damai di hati

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Peran Guru dan Orangtua Saat Pembelajaran Jarak Jauh

13 Agustus 2020   10:42 Diperbarui: 13 Agustus 2020   10:37 221 1 3 Mohon Tunggu...

Pada masa sekarang ini situasi kesehatan negara Indonesia yang sedang menghadapi pandemi penyakit menular Corona Virus Disease ( Covid-19) yang berdampak luas dalam berbagai aspek kehidupan termasuk juga pada kegiatan belajar mengajar. Indonesia menetapkan kebijakan pembelajaran jarak jauh, yaitu belajar dari rumah melalui handpone. Pembelajaran jarak jauh ini menjadi solusi agar semua proses pendidikan tetap berjalan. Akan tetapi dalam pembelajaran jarak jauh peran guru dan orang tua sangat penting dalam mendukung seluruh proses pendidikan dari rumah.

Peran guru dan orang tua sangatlah penting dalam mendukung proses belajar anak / peserta didiknya, apalagi dalam situasi seperti ini yang mengharuskan seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan dengan cara jarak jauh atau dari rumah.

Proses mengajar via daring bagi seorang guru bukanlah hal yang mudah, justru proses mengajar jarak jauh via daring  ini merupakan tantangan tersendiri untuk dapat mengatur berbagaimacam hal dan kegiatan kegiatan termasuk mengupayakan materi tersampaikan dengan baik pada peserta didiknya. Karena pasti saja, akan banyak kendala dalam proses mengajar daring.

Dalam proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ini guru dan peserta didik tidak lagi belajar tatap muka di satu ruangan kelas secara langsung, akan tetapi menggunakan via daring yang membuat peran orang tualah yang  mempunyai banyak kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan putra-putrinya.

Maka dari itu pada masa pandemi ini waktu anak / peserta didik  lebih banyak dihabiskan di rumah bersama keluarganya. Sehingga, perilaku si anak lebih banyak berada di bawah naungan didikan orang tuanya. Oleh karena itu, harus ada kerjasama antara orang tua dengan guru, orang tua harus mengggantikan sebagian peran guru dalam proses pembelajaran jarak jauh. Guru membimbing peserta didik belajar dan menyampaikan tugas lewat komunikasi langsung dengan via daring kemudian orang tua mengambil alih tugas membimbing, mendampingi anak belajar dan mengerjakan tugas dari guru di rumah.

Guru memiliki peran penting untuk mengarahkan peserta didik agar mampu memanfaatkan via daring / internet untuk kepentingan pembelajaran. Kemudian peran orang tua juga tak kalah penting dalam pembelajaran jarak jauh ini, karena orang tua harus mengawasi, membimbing dan menciptakan proses pembelajaran yang kondusif agar si anak tidak menyalah gunakan handphone yang  menjadi media pembelajaran jarak jauh.

Peran guru orang tua pada era digital dituntut untuk mampu mengawasi  membimbing dan mengontrol peserta didik / si anak dalam penggunaan internet. Guru memberikan arahan dan orang tua yang membimbing sang anak saat proses pembelajaran di rumah. Seiring berjalannya waktu maka secara langsung kolaborasi peran guru dan orang tua ini menghasilkan sang anak  terbiasa menggunakan dan memanfaatkan internet secara positif, terkhusus daam proses pembelajaran jarak jauh.

Tanpa kehadiaran guru di dekat peserta didik secara langsung, ada beberapa peran orang tua yang sangat diperlukan oleh anak sebagai siswa yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh yaitu:

  • Orang tua memiliki peran sebagai guru nomor satu di rumah. Dalam hal ini orang tua harus mengontrol waktu dan cara belajar anak serta menciptakan suasana belajar yang nyaman saat menerima arahan dan tugas dari guru.
  • Orang tua memiliki peran sebagai tauladan yang baik. Dalam hal ini, ketika orang tua mengarahkan anaknya untuk belajar orang tua juga ikut serta belajar bersama anaknya.
  • Orang tua memiliki peran sebagai fasilitator. Dalam hal orang tua di rumah juga mempunyai peran sebagai penyedia sarana dan prasarana yang diperlukan anak dalam proses pembelajaran jarak jauh.
  • Orang tua memiliki peran sebagai motivator. Dalam hal ini orang tua orang harus menjadi  pendorong kepada anak untuk selalu meningkatkan motivasi belajar dan dapat membantu dengan memberi inspirasi kepada anak ketika ia mengalami kesulitan belajar di rumah.
  •  Orang tua memiliki peran sebagai pengarah. Dalam hal ini orang tua harus selalu membimbing dan mengarahkan anaknya dapat mencapai keberhasilan di masa mendatang.

VIDEO PILIHAN