Mohon tunggu...
Tatia Traveller
Tatia Traveller Mohon Tunggu... Penulis - Sosiologist, Ibu tiga anak yang suka menulis, traveling dan makan enak.

Penulis buku Cara Mencegah Selingkuh dan Cerai, Cegah dan Deteksi Kanker Serviks, Bahaya Alkohol dan Cara Mencegah Kecanduannya, Love and Shock, Hidangan Fav Mediterania. Sosiolog, dan pemerhati the whole universe. Menetap di Yunani sejak 2003. Saat ini sedang senang menulis tentang kesehatan, mind and body.http://www.tatiatravels.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Jantung dan Olahraga Mengenang Adjie Massaid dan Ashraf Sinclair

22 Februari 2020   16:04 Diperbarui: 23 Februari 2020   11:29 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sebagai youtuber yang subcribernya masih dibawah 200, saya senantiasa update membaca berita atau video dari youtube. Tidak terkejut dengan kematian pesohor Indonesia di usia 40 karena beberapa tahun lampau juga Adji Massaid meninggal akibat serangan jantung di usia 40 tahun setelah jogging.

Saya saat ini berusia 52 tahun, saya kena PFO ( Patent Foramen Ovale) di usia 38 tahun, dengan gejala stroke. Singkat cerita tahun 2008 jantung saya dioperasi oleh dokter jantung terbaik di Yunani; dengan cara pasang balon di Jantung; device amplatzar. Saya tetap olah raga untuk menjaga berat badan, juga makan apa saja sebab hasil test darah saya normal semua. Dokter hanya menyarakan meminum aspirin untuk jantung agar darah lancar peredarannya ke otak. Juga tidak ada pantangan makanan, apa saja boleh dimakan. tapi saya tetap atur asupan yang masuk. Hingga banyak orang melihat saya tampak lebih muda dari usia sebenarnya.

Membaca dan melihat kisah kematian Ashraf; saya jadi ingat kejadian  tahun lalu; saya sempat dilarikan ke emergency akibat black out. Black out karena kehilagan keseimbangan, tidak bisa melihat, gelap dan kepala seperti ayam baru disembelih. Beruntung tinggal di negara asal-usul ilmu kedokteran Hypocrateus yang semua dokter disumpah dengan sumpahnya Hypocrateus.

Saya langsung ditangani dengan cek darah dan test lainnya sampai ke Scan kepala. Hasilnya semua normal dan stroke yang ada di kepala masih tetap sama seperti 2008. Jadi saya ingat malam hari sebelum kejadian malam itu; saya tidak tidur cukup. Saya hanya tidur 3 jam; lalu kerja di lap top dan kemudian kerja lagi bebenah rumah; bahkan saya juga olah raga di treadmill dan gerakan lainnya seperti jumping jack, squat, dll.

Jadi kondisi badan dan kepala yang lelah akibat kurang istirahat yang mengakibatkan saya black out. Kepala; kunci utama penggerak badan kita di otak dan semua syaraf koordinasinya di kepala.  Kepala saya yang kurang tidur plus kecapekaan; tapi saya merasa masih fit padahal semua organ butuh istirahat. Masih beruntung saya bisa recover sendiri, pelan-pelan saya normal kembali dan tidur. Sejak kejadian itu, hingga saat ini saya tetap usahakan tidur cukup minimal 6- 8  jam per hari. Bahkan 10 jam jika saya tambah tidur siang 2 sd 3 jam. Terutama saat week end dimana saya tidak harus bangun pagi untuk mengantar anak-anak ke sekolah, bisa bangun siang.

Semua hal dalam hidup ini tidak ada yang boleh berlebihan; apa pun itu. Tidak boleh berlebihan dalam hal makan, olah raga, juga over thinking; berlebihan dalam berpikiri; hal yang gak perlu dan gak penting tidak usah dipikirkan, Juga tidak perlu memikirkan orang lain alias tidak usah kepo. Jaga diri kita sendiri sehat dan berat badan seimbang, senantiasa hindari stress dan hidup ini baik rejeki, umur, dan jodoh semua sudah diatur Tuhan.

Salam sehat dan sukses bahagia semua.

Elefsina, 22 February 2020

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun