Mohon tunggu...
Tati AjengSaidah
Tati AjengSaidah Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMPN 2 Cibadak Kab. Sukabumi

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Wanita Paruh Baya di Sebuah Gubuk Sederhana

7 Desember 2022   11:05 Diperbarui: 7 Desember 2022   11:19 328
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wanita Paruh Baya di Sebuah Gubuk Sederhana (sumber foto: Jatimtimes.com) 

Seorang wanita paruh baya tinggal di sebuah gubuk sederhana yang terletak di pinggir sungai. Dindingnya terbuat dari bambu yang mulai lapuk dan alasnya berupa tembok hitam yang sudah mengkilat.

Hujan deras turun sejak pagi, menyurutkan langkahnya untuk pergi. Beberapa hari ini suaminya sakit, sehingga tak sanggup mengambil pasir yang ada di sungai.

Dia menuju ke dapur, membuka periuk tempat menyimpan beras. Tak ada sebutirpun yang tersisa di sana. Perasaanya gundah, mau makan apa hari ini batinnya dalam hati. 

Hujan mulai reda, dia keluar menuju rumah tetangga. Siapa tahu ada yang berbaik hati meminjamkan beras ataupun uang kepadanya.

Dua rumah sudah dia datangi, tetapi tak ada yang mau berbagi. Mungkin mereka sudah bosan memberinya pinjaman yang terkadang belum bisa dibayar sampai hari ini.

Dia menuju rumah terakhir, tetangganya memberi beberapa liter beras dan sedikit uang. Ambil saja dan tak perlu dibayar katanya, rasa terima kasih terucap dari bibirnya. 

Bertahun-tahun hidup dalam kekurangan, semua dijalani dengan kesabaran. Mau mengeluh pun percuma, tak kan bisa mengubah keadaan.

Dalam setiap sujud dia selalu berdoa kepada Yang Mahakuasa, semoga hidupnya bisa berubah. Berharap anaknya bisa sukses kelak, supaya membantunya bangkit dari keterpurukan.

#Puisi solo ke- 36

Cibadak, 7 Desember 2022

Tati Ajeng Saidah untuk Kompasiana

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun