Mohon tunggu...
Tati AjengSaidah
Tati AjengSaidah Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMPN 2 Cibadak Kab. Sukabumi

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Pengalaman Menarik Saat Pendampingan Individu Calon Guru Penggerak

6 November 2022   10:43 Diperbarui: 6 November 2022   14:41 2136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu sekolah yang dikunjungi (sumber foto: dokumentasi pribadi)

Program Pelatihan Guru Penggerak angkatan keenam sudah memasuki bulan ketiga. Selama dua bulan ini saya sudah melaksanakan tugas sebagai Pengajar Praktik (PP) di Kabupaten Sukabumi.

Salah satu tugas yang diemban oleh PP adalah menjadi coach dan mentor bagi Calon Guru Penggerak (CGP), yaitu menjadi pemandu dalam kegiatan lokakarya dan melakukan kunjungan ke sekolah CGP untuk melaksanakan pendampingan individu.

Lokakarya orientasi sudah dilaksanakan pada tanggal tanggal 3 September 2022 yang lalu secara daring. Setelah lokakarya orientasi, CGP mulai mempelajari modul 1.1 (Refleksi filosofis pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara) dan 1.2 (Nilai-nilai dan peran guru penggerak).

Setiap modul akan dipelajari oleh CGP dengan mengikuti alur MERDEKA yaitu Mulai diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi konstektual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi antar materi dan Aksi nyata.

Pada saat ruang kolaborasi, CGP akan dipandu oleh fasilitator yang sudah ditentukan. Setiap fasilitator membimbing CGP sebanyak 19 sampai 20 CGP yang berasal dari 4 orang PP.  

Ruang kolaborasi dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan untuk setiap modul. Pada ruang kolaborasi ke-1 CGP berdiskusi dan berkolaborasi dengan kelompoknya yang berasal dari satu PP untuk membuat tugas yang akan dipresentasikan pada saat ruang kolaborasi 2.

Sedangkan untuk alur Elaborasi Pemahaman, CGP yang berasal dari satu Kabupaten akan dipandu oleh seorang Instruktur dan hanya satu kali pertemuan untuk setiap modul.

Saat CGP melakukan pertemuan di ruang kolaborasi dan elaborasi pemahaman maka PP juga harus hadir untuk memantau aktivitas dan keaktifan CGP, serta melaporkan hasilnya dalam jurnal pemantauan yang ada di LMS.

Selesai mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 modul maka PP harus melakukan kunjungan ke sekolah CGP untuk melakukan pendampingan individu pertama yang jadwalnya sudah ditentukan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBPG).

Pendampingan Individu Pertama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun