Mohon tunggu...
tatang sunendar
tatang sunendar Mohon Tunggu...

saya seorang trainer bagi pendidik dan tenaga kependidikan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Cucuku, Minta Diceritakan Dongeng

6 Januari 2017   08:16 Diperbarui: 6 Januari 2017   08:45 0 0 0 Mohon Tunggu...

Dalalam situasi liburan sekolah ,orang tua yang sudah punya cucu  maka rumah  jadi  objek liburan anak  cucu. Pun demikian  yang diamali saat liburan kali ini, cucu cucu yang sudah menginjak usia sekolah , bersekolah tingkat TK dan SD berkumpul dirumah....rasa lelah  kerja nyaris  hilang sesaat mendengar celoteh mulut mulut mungil, namun satu hal yang menjadi  sedikit beban yaitu saat cucu cuku minta dicerikan dongeng, hal ini dirasakan sedikit menjadi susah mengingat sudah hampir dua dasa warsa tidak pernah dilakukan seiring anak anak  berangkat dewasa, dan sekarang sudah mulai berkeluarga,  yang susah yaitu mengingat lagi lagi cerita don gen yang cocok untuk anak seusia anak TK dan SD di tengah memori otak yang penuh dengan dongeng politik dan berita hoax yang mengharu biru saat ini.

Dongeng menurut wikipedia  merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa yang penuh khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng merupakan bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang. Dongeng berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik), dan juga menghibur.

Dongeng dapat dibedakan menjadi tujuh jenis, yaitu mite, sage, fabel, legenda, cerita jenaka, cerita pelipur lara dan cerita perumpamaan. Mite merupakan bentuk dongeng yang menceritakan hal-hal gaib seperti cerita tentang dewa, peri ataupun Tuhan.Sage merupakan cerita dongeng tentang kepahlawanan, keperkasaan, atau kesaktian seperti cerita dongeng kesaktian Patih Gajah Mada. Fabel merupakan dongeng tentang binatang yang bisa berbicara atau bertingkah laku seperti manusia Legenda merupakan bentuk dongeng yang menceritakan tentang suatu pristiwa mengenai asal usul suatu benda atau pun tempat.Cerita jenaka merupakan cerita yang berkembang dalam masyarakat yang bersifat komedi serta dapat membangkitkan tawa contoh Cerita si Kabayan .

Dari sekian cerita dongen yang pernah saya dongenkan cucu cucuku menolaknta sebab  ternyata dongeng yang diminta adalah dongeng dongeng yang berasal  dari tayangan sinetron di televisi misalnya cerita ipin  dan upin, power ranger, captain amerika dl, akibatnya berabe juga dirasakan karena  harus menceritakan cerita cerita dari tayangan sinentron dan dongeng dari luar negeri, hal ini karena disamping tidak pernah menonton hal tersebut membaca buku bukunya pun tidak.

Dari pengalaman tersebut jelas nyata bahwa media memanfaatkan peluang kesibukan orang tua yang bekerja , tidak sedikit anak lebih banyak dengan pembantu dirumah, dan bisa dipastikan agar anak itu diam nonton televisi  menjadi  salah satu pilihan, sebab salah satu kasus seringnya anak nonton televisi maka anak sampai hapal salah sati lagu partai tertentu

Beberapa waktu yang lalu pernah muncul tayangan televisi yang menyajikan acara dongeng seperti kak seto dengan si komo nya dan pendongeng lainnya, namun karena  pertimbnagn rating sekarang tidak ada lagi acara tersebut, televisi kita lebih asyiik menayangkan acara yang kurang tepat bagi tumbuh kembangnya anak anak

Sayang  hal ini belum menjadi perhatian kementrian perlindungan anak  terkait   materi tayangan di televisi tersebut, semoga  hal ini menjadi perhatian yang serius di tahun 2017 ini semoga.