Mohon tunggu...
tasya thesalonikatuwaidan
tasya thesalonikatuwaidan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Terus belajar, Belajar terus

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Coca-Cola Minuman Soda Mendunia, Rahasianya Apa?

21 November 2020   22:30 Diperbarui: 22 November 2020   01:57 93 2 0 Mohon Tunggu...

Siapa yang tidak tahu minuman cola yang satu ini, rasanya tidak ada orang di dunia yang tidak mengetahui produk minuman asal Atlanta, Georgia ini. Minuman cola yang menawarkan kesegaran pada tiap tegukannya, dengan harga yang ekonomis serta dikenal di banyak penjuru dunia membuktikan bahwa Coca-Cola tidak perlu diragukan lagi sebagai pilihan minuman anda di berbagai kegiatan sehari-hari.

Tapi tahukan anda, bahwa coca cola memiliki kekuatan publikasi yang luar biasa diberbagai negara dengan ciri khasnya masing-masing sehingga mampu membuat produk minuman ini sangat terkenal di negara-negara tersebut. Hal ini ditunjukan jelas dengan beragam iklan dari Coca-Cola yang disajikan di berbagai negara dengan ciri khas masing-masing.

Iklan yang disajikan oleh produk minuman ini jika anda cermati sangatlah global, dan terkadang sedikit mengambil unsur budaya lokal dari negara yang dituju atas iklan yang dibuat. Hal ini dilakukan oleh Coca-Cola demi mendapatkan serta mempertahankan konsumen global dari produk minuman ini dengan kegiatan persuasif melalui iklan yaitu dengan penyajian tema serta suara (McPhail, 2014)

Mengapa produk minuman ini sangat serius dalam hal periklanannya? Sebuah produk dari sebuah perusahaan pastinya membutuhkan konsumen yang banyak dan loyal, hal ini akan terwujud ketika perusahaan tersebut mampu menciptakan brand awareness yang baik, salah satu cara dengan sebuah iklan.

Maka dari itu, Coca-Cola sangat serius dalam hal ini, demi menciptakan brand awareness yang tinggi di masyarakat. Bukan hanya itu, dengan adanya iklan juga membantu produk tersebut dikenal lebih luas dengan diiklankannya produk secara global, seperti yang telah dilakukan oleh Coca-Cola.


Salah satu contohnya ada di Indonesia, iklan minuman ini disajikan di Indonesia dengan dikemas secara unik dan terkesan mengambil unsur budaya lokal atau juga dengan mengikuti fenomena apa yang sedang terjadi di Indonesia saat itu, yaitu pada hari raya besar umat beragam Muslim di Indonesia, iklan ini disajikan spesial hari lebaran. Pada masanya iklan ini cukup viral dan bisa terbilang iconic yaitu iklan Coca-Cola bersama 'duo percusion' spesial hari lebaran di tahun 2020.

Di negara asalnya sendiri, Coca-Cola juga tetap mempertahankan kualitas iklannya yang luar biasa. Di akhir tahun 2020 menjelang natal. Coca-Cola merilis sebuah iklan yang memiliki unsur natal didalmnya. Bercerita tentang seorang ayah yang akna pulang kerumah dengan jarak, dan perjalanan yang susah, tetapi tetap dilewati demi merayakan momen natal dengan keluarganya.

Tidak jauh berbeda dengan iklan Coca-Cola di Indonesia, produk minuman ini benar-benar mempertahankan ciri dari iklan yang mereka sajikan yaitu global, dengan mengangkat fenomena yang terjadi di negara tujuan iklan yang mereka buat tersebut. Hal ini tentu tepat dilakukan demi mempertahankan penjualan produk serta brand awareness di tiap negara akan produk minuman ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x