Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Nominee of Best Citizen Journalism Kompasiana Awards 2019. || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Hadits dan Ilmu Hadits.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

Arti Kata "Yahudi & Bani Israil" yang Jarang Diketahui

31 Maret 2020   19:06 Diperbarui: 2 April 2020   15:25 7201 12 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Arti Kata "Yahudi & Bani Israil" yang Jarang Diketahui
Umat Yahudi (Sumber: Alinea.id)

Yahudi dan Bani Israil mungkin istilah yang sangat populer bagi kita. Saya rasa, hampir semua masyarakat Indonesia tahu atau setidaknya pernah mendengar  dua kata tersebut. 

Sebagai negara dengan umat Muslim terbanyak di dunia, istilah Yahudi dan Bani Israil memang seharusnya tidak asing lagi bagi masyarakat kita, karena dua istilah ini sering disebutkan didalam Al-Quran dan di Hadits Rasulullah. 

Istilah Yahudi pada zaman sekarang sangat identik dengan negara Israel dan juga Amerika Serikat, karena sebagian besar penganut agama Yahudi menetap di dua negara ini. 

Menurut Wikipedia, pada tahun 2015, 43% orang Yahudi berada di Israel dan 43% di negeri Paman Sam lalu sisanya tersebar di beberapa negara. Israel adalah negara tempat berkumpul dan hidupnya jutaan Yahudi. Didalamnya terdapat kota Jerussalem yang menjadi pusat Israel sekaligus menjadi tanah suci bagi mereka. 

Jerussalem merupakan kota suci bagi tiga agama samawi, yaitu Islam, Kristen dan Yahudi. Tak heran, kota ini selalu menjadi perebutan oleh tiga agama ini. Umat Islam sempat menguasai kota Jerussalem di zaman kekhalifahan Umar bin Khatab dan juga ketika kekhalifahan Ayyubiyah.

Sedangkan Amerika Serikat, diyakini sebagai tempat orang-orang Yahudi menguasai ekonomi dan pemerintahan, agar kebijakan politik AS selalu mendukung dan menguntungkan Israel terutama dalam penjajahan Palestina, inilah pandangan umum orang Indonesia. 

Tak heran, istilah Yahudi dan Israel pun menjadi sensitif, karena sebagian besar masyarakat kita tidak setuju dengan penjajahan Israel atas Palestina. Bahkan ada beberapa unjuk besar pernah terjadi di Indonesia untuk membela Palestina.

Itulah sekilas tentang Yahudi dan Israel yang sering dipahami oleh orang Indonesia. Namun pernahkah kita bertanya-tanya tentang makna kata Yahudi dan Bani Israil ini? Lalu kenapa dinamakan Yahudi? apa alasannya? serta banyak pertanyaan lainnya yang belum terjawab.

Sejarah Singkat Agama Yahudi

Yahudi adalah nama bagi pengikut nabi Musa, yang diutus oleh Allah SWT kepada kaum Bani Israil untuk menyelamatkan mereka dari kekejaman Firaun Mesir terhadap mereka, karena Bani Israil adalah kaum tertindas di Mesir ketika itu serta mengajak mereka untuk bertauhid kepada Allah. 

Jadi Yahudi adalah nama agamanya, dan bani Israil adalah nama kaumnya, yang merupakan keturunan nabi Ya'qub AS.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN