Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Nominee of Best Citizen Journalism Kompasiana Awards 2019. || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Hadits dan Ilmu Hadits.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

4 Rahasia Bulan Sya'ban yang Penting Diketahui

27 Maret 2020   19:36 Diperbarui: 31 Maret 2020   01:24 431 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Rahasia Bulan Sya'ban yang Penting Diketahui
Bulan Sya'ban (Sumber; Cirebon.tribunnews.com)

Bismillahirrahmanirrahim.

Pada Selasa kemarin, tepatnya tanggal 24 Maret 2020 lalu adalah awal masuknya kita ke bulan Sya'ban, salah satu bulan dalam penanggalan kalender Hijriyah yang berada tepat sebelum masuknya bulan Ramadahan.

Bulan Sya'ban adalah bulan yang penuh berkah dan kebaikan, banyak riwayat yang menjelaskan keutamaan bulan ini, lalu bulan ini juga spesial karena Sya'bah adalah waktu persiapan bagi umat muslim  sebelum menyambut Ramadhan.

Di Mesir, masyarakat biasanya sudah mulai sibuk ketika masuk bulan Sya'ban, mereka berbondong-bondong membeli berbagai bahan makanan untuk dimasak selama Ramadhan. 

Bagi mereka yang merantau, bulan Sya'ban adalah waktu mudik, mereka mulai bergegas agar bisa merayakan masuknya Mbulan Ramadhan di kampung masing-masing. Orang-orang kaya biasanya sudah mulai membentuk panitia yang akan menyelenggarakan Maidaturrahmaan, yang merupakan tempat berbuka gratis bagi masyarakat sekitarnya.

Masyarakat Indonesia juga tak ketinggalan, mereka biasanya sudah mulai disibukkan dengan membuat pasar ta'jil dibulan Sya'ban ini, sekolah dan kantor sudah mulai diliburkan di akhir bulan sya'ban dalam rangka persiapan menyambut Ramadhan.

Namun, kemeriahan bulan Sya'ban dan Ramadhan kali ini akan banyak berkurang karena wabah Corona yang menghantui dunia hingga hari ini.

Masih banyak lagi hal yang membuat bulan Sya'ban ini semakin spesial, hal ini dapat kita ketahui dari perhatian khusus yang diberikan oleh Rasulullah SAW didalam bulan Sya'ban ini, bahkan beliau memiliki doa khusus untuk bulan Sya'ban ini, dan masih banyak lagi. 

Lalu apa rahasianyayang membuat bulan Sya'ban ini semakin spesial bagi umat Muslim?

1. Rasulullah Sangat Suka Berpuasa Sunnah di Bulan Sya'ban dibanding bulan-bulan lainnya.

Hal pertama yang membuat Sya'ban begitu spesial bagi umat Muslim karena Rasulullah sangat menyukai berpuasa di bulan ini dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Berpuasa yang dimaksud disini adalah puasa sunat, sedangkan berpuasa di Ramadhan merupakan puasa wajib. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x