Mohon tunggu...
Shinta Aryaputri
Shinta Aryaputri Mohon Tunggu... blogger pemula

hola!aku mahasiswa ilmu komunikasi dengan jurusan public relation. Aku hobi banget travelling dan kulineran! jangan lupa liat artikel-artikel aku yang akan segera aku upload seputaran FoodTravel ya! Tapi tenang aja selain seputaran food and travel aku juga bakal kasih artikel-artikel menarik lainya kok :)

Selanjutnya

Tutup

Travel

Tips Keliling Jogja dengan Budget Nge-Pas!

24 April 2020   20:40 Diperbarui: 24 April 2020   22:55 59 0 1 Mohon Tunggu...

Daerah Istimewa Yogyakarta, sesuai dengan namanya kota ini selalu memiliki keistimewaan tersendiri. Dengan beragam Destinasi Wisata Alam, Budaya, maupun Kuliner yang membuat kita tak pernah bosan untuk kembali kesana. Tapi gimana kalo uang kita lagi minim? Atau gak mau pengeluaran malah membengkak setelah berlibur. Bisa gak sih tetap keliling Jogjakarta? Tentu bisa dong!

Selain terkenal dengan beragam destinasi nya jogja juga terkenal akan kemurahan biaya wisata yang sangat bersahabat. Nah hal tersebut udah bisa ngurangin cost biaya berlibur kita nih. Tapi masih banyak lagi yang harus kita  lakuin untuk dapat keliling jogja tanpa buat kantong jebol. Apa ajasih? Nih dia Tipsnya!

1.    Melakukan Riset. Pentingnya riset sebelum melakukan traveling mengenai tempat apa saja yang akan kita datangi, berapa harganya, dan berapakah jaraknya. Hal tersebut diperlukan agar kita memilki pengetahuan berlebih tentang tempat tersebut sehingga dapat menyesuaikanya dengan budget yang tersedia. Serta membuat pengetahuan bertambah mengenai diskon-diskon ataupun promo yang ada. Tips ini adalah tips umum yang bisa digunakan untuk berlibur kemanapun.

2.    Membuat Rincian Keuangan. Setelah kita mengetahui informasi tentang tempat yang akan kita kunjungi serta berapa kisaran harganya melalui riset. Kita harus membuat rincian keuangan mulai dari Transportasi, Akomodasi, Konsumsi, maupun oleh-oleh sehingga tidak ada uang yang dikeluarkan berlebihan. Beragam harga yang murah di Jogjakarta jangan sampai membuat kita terlena dan membuat kantong malah semakin membengkak.

3.    Waktu yang tepat. Memilih waktu yang tepat saat ingin berlibur dengan biaya yang minim merupakan hal penting karna jika kita berlibur dikala high season seperti tahun baru libur lebaran dan sebagainya hanya akan membuat pengeluaran membengkak. Pasalnya biaya transportasi, akomodasi, maupun konsumsi pada low season sangat berbeda dengan high season. Keuntungan lainya jika kita memilih waktu yang tepat saat berlibur tempat-tempat wisata yang kita kunjungi pasti tidak seramai saat high season dan kita bisa lebih leluasa menikmati tempat-tempat yang kita kunjungi. Biasanya harga tiket kereta pada low season dimulai dari Rp.80.000 untuk kelas ekonomi. Sedangkan Bus di mulai dari Rp.100.000,- sudah mendapatkan fasilitas makan.

4.    Manfaatkan Transportasi Umum yang dimiliki Jogjakarta. Memanfaatkan fasilitas umum juga merupakan cara ampuh untuk dapat berhemat di kota istimewa Jogjakarta. Kota ini menyediakan bus trans jogja yang bisa mengantarkan kita berwisata ke beberapa tempat hits jogja seperti Candi Prambanan, Kraton Yogyakarta, Museum Affandi dan sebagainya. Untuk dapat menggunakan nya penumpang hanya perlu membayar sebesar Rp.3.600,-. namun jika ingin berkunjung ke tempat-tempat wisata yang agak sulit di capai menggunakan transportasi umum, kalian bisa menggunakan sewa motor yang dimulai dengan harga Rp.50.000,-/hari harga bisa berbeda-beda dan ditentukan sendiri oleh pemilik rental motor. Sedangkan untuk mobil merogoh kocek mulai dari Rp.200.000,-/12 jam.

5.    Pilihlah tempat menginap Ala Backpacker. Begitu banyaknya tempat di Jogjakarta yang menyediakan penginapan membuat kita terkadang bingung memilihnya. Sehingga tempat-tempat penginapan ala backpacker merupakan pilihan yang tepat dengan merogoh kocek mulai dari Rp.50.000,- kita sudah dapat bermalam. Untuk keterangan harga bisa berbeda-beda sesuai dengan tempat dan lokasi.

6.    Pilihlah Tempat Wisata. Memilih tempat wisata sangat penting bagi kalian yang ingin berkeliling Jogjakarta dengan budget pas-pasan. Karna, masih banyak sekali wisata dijogja yang mematok harga tiket murah seperti Taman Matahari Bantul seharga Rp.5000,-, Tebing Breksi dengan tiket masuk yang gratis, namun dikenakan biaya parker Rp.2000,-, Hutan Pinus Mangunan dengan harga tiket  masuk Rp. 2.500,- dan masih banyak lagi tempat wisata di jogja yang tak perlu mengeluarkan banyak biaya.

7.    Memilih Oleh-Oleh Secukupnya. Untuk bagian ini semua dari kita sering banget beli oleh-oleh yang berlebihan. Apalagi Jogjakarta terkenal dengan pusat oleh-oleh yang murah, gak heran kalo kita jadi kalap mata. Makanya saat membuat rincian budget kita harus udah pastiin kalo oleh-oleh yang dibeli sesuatu dengan rincian budget yang sudah kita buat ya teman-teman. Dan pastikan untuk list apa saja yang akan dibeli jangan datang ketempat oleh-oleh dengan keadaan tidak tau harus beli yang mana. Nanti semuanya malah kebeli.

8.  Makan enak tapi murah! nah tips ini penting banget buat kita yang pengen keliling jogja tapi dengan bugdet pas-pasan. jogja udah terkenal dengan kuliner murah dan enaknya seperti mie ayam bu tumini atau gudeg pawon. Jadi gausah lagi beli makanan yang mahal-mahal kalo yang murah aja udah enak!

Nah! itu dia beberapa tips yang bisa kita bagiin buat kalian yang mau keliling jogja dengan budget pas-pasan dijamin deh tips tersebut sangat amat berguna. Tapi inget ya kalian juga harus bawa uang berlebih untuk jaga-jaga jika ada sesuatu yang darurat. Intinya dimanapun kita berlibur kita harus selalu hati-hati dan mematuhi norma-norma yang berlaku didaerah tersebut agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. #SALAMTRAVELERS

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x