Mohon tunggu...
Tanya FerunkaTertiana
Tanya FerunkaTertiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Fakultas Hukum Angkatan 2019 Universitas Diponegoro

Saya adalah seorang mahasiswi dari jurusan hukum Universitas Diponegoro yang memiliki ketertarikan menulis isu-isu hukum terkini hingga permasalahan sosial yang berada di sekitar lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Pelaksanaan Kegiatan TIM II KKN Undip Melalui Sosialisai Edukasi di Kelurahan Randusari

11 Agustus 2022   07:10 Diperbarui: 11 Agustus 2022   07:20 131 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaksanaan Kegiatan TIM II KKN Undip Melalui Sosialisasi Penyuluhan Generasi Muda Bebas Narkoba di SMK Kristen Gergaji dan Pendekatan Penurunan Angka Stunting di Kelurahan Randusari

Randusari, Semarang (13 Juli 2022) -- Program penyuluhan generasi muda bebas narkoba dilakukan di SMK Kristen Gergaji bertujuan untuk menciptakan generasi yang menjauhi penyalahgunaan narkoba yang cenderung didominasi oleh para remaja. 

Di Indonesia Narkoba masih menjadi suatu masalah yang belum dapat sepenuhnya diatasi, sehingga adanya program sosialisasi ini dilakukan untuk mengedukasi para remaja akan bahaya tentang penggunaan narkoba. 

Para remaja yang terlibat penyalahgunaan narkoba sampai pada akhirnya mengalami ketergantungan, akan membawa dampak yang buruk tidak saja bagi dirinya sendiri tetapi juga bagi lingkungan sekitarnya. 

Sebagai contoh, rusaknya kemampuan belajar, ketidakmampuan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, sampai pada perubahan mental dan perilaku menjadi antisosial.

Narkoba adalah zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. 

Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan atau adiksi fisik dan psikologis. Penyalahgunaan narkoba termasuk ke dalam salah satu bentuk kenakalan remaja khusus. 

Setiap orang yang menyalahgunakan zat-zat terlarang pasti memiliki alasan mereka masing-masing sehingga mereka dapat terjebak masuk ke dalam perangkap narkotika, narkoba atau zat adiktif.

Sosialisai berbasis edukasi ini diawali oleh perizinan dengan kepala sekolah SMK Kristen Gergaji yang ada di Desa Randusari dan ditentukanlah waktu pada tanggal 13 Agustus 2022 bertepatan dengan ajaran pengenalan siswa baru.

 Sasaran kegiatan program sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba yaitu siswa dan siswi di sekolah tersebut. Kegiatan yang dilakukan yaitu dimulai dengan pembagian pretest lalu dilanjut dengan penyampaian materi oleh mahasiswa KKN Tim II Undip tahun 2022/2023. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan