Mohon tunggu...
Tantidevi Santosa
Tantidevi Santosa Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Be Mindful

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tips dan Trik Branding Usaha Melalui Sosial Media

3 Oktober 2022   10:37 Diperbarui: 4 Oktober 2022   14:38 223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Publikasi Pribadi Penulis, 2 Oktober 2022

Setiap pemilik usaha pastinya memiliki banyak cara untuk mempromosikan produk usahanya. Di era digitalisasi saat ini banyak pelaku usaha yang memanfaatkan sosial media sebagai strategi branding produknya. 

Sudah banyak sosial media yang menjadi platform pilihan para pelaku usaha dengan tujuan agar produk mereka cepat tersebar dan meluas dengan waktu yang relatif cepat. Instagram menjadi sosial media yang digemari para pelaku usaha untuk membranding produknya. 

Banyak pilihan sosial media yang dapat dijadikan platform branding produk, salah satunya Instagram. Instagram menjadi piihan banyak pelaku usaha untuk melakukan branding produk. 

Menurut We Are Social, pengguna aktif bulnan (monthly Active User/MAU) Instagram di seluruh dunia mencapai 1,45 miliar orang pada April 2022, Indonesia berada di Urutan keempat pengguna Instagram dengan 99,9 juta pengguna aktif bulanan. Instagram menjadi sosial media yang digemari karena Instagram adalah platform berbagi foto dan video. 

Saat ini sebagian besar masyarakat menyukai hal-hal yang berbau dengan foto maupun video atau dalam hal ini adalah yang berkaitan dengan visual, terlebih banyaknya fitur yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha seperti fitur Instagram Live, Instagram Stories, Instagram Reels sehingga Instagram dapat menjadi pilihan untuk para pelaku usaha melakukan branding. 

bbc.com
bbc.com

Selain sosial media Instagram, Tiktok dapat menjadi pilihan untuk melakuan branding karena Tiktok menyajikan video dengan konten yang beraneka ragam. Tiktok sudah memiliki 1,39 miliar pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) di seluruh dunia hingga 2022. 

Indonesia menjadi urutan kedua pengguna Tiktok terbesar di dunia. Sosial media yang dapat menjadi pilihan para pelaku usaha yakni Facebook. Facebook dinobatkan menjadi platform sosial media terpopuler di seluruh dunia, jumlah penggnua aktif bulanan (monthly active users/MAUs) Facebook sebanyak 2,93 miliar pada 2022.

Dengan beragamnya sosial media, pemilik usaha dapat dengan fleksibel memilih platform apa yang cocok untuk bisnis mereka dan juga sesuaikan dengan kebutuhan juga target pasar. Adapun beberapa tips dan trik melakukan branding di sosial media yakni sebagai berikut :

Publikasi Pribadi Penulis, 2 Oktober 2022
Publikasi Pribadi Penulis, 2 Oktober 2022

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun