Mohon tunggu...
Tantidevi Santosa
Tantidevi Santosa Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Be Mindful

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech

LEAP sebagai Transformasi digital dari Telkom untuk Indonesia

21 September 2022   08:44 Diperbarui: 21 September 2022   08:47 91 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://www.suara.com/news/2021/08/31/153234/catat-kinerja-positif-transformasi-digital-telkom-mulai-membuahkan-hasil

Pada Maret 2022 lalu Telkom Indonesia meluncurkan sebuah brand baru dengan nama Leap-Telkom Digital. Diluncurkannya Leap-Telkom Merupakan bukti nyata Telkom yang memiliki mimpi untuk berkontribusi mewujudkan terciptanya transfromasi digital pada segala aspek kehidupan masyarakat Indonesia. leap merupakan inovator digital yang menghadirkan berbagai solusi dan produk transformatif untuk mendukung peningkatan sosial juga ekonomi di Indonesia. Dengan adanya brand baru ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia. "Leap menjadi perpanjang tangan Telkom dalam menyajikan berbagai inovasi digital yang dapat mengakselerasi menumbuhkan digital ekosistem Indonesia. Melalui produk untuk memenuhi kebutuhan dan memenuhi layanan terbaik di Indonesia" Kata Ririek Adriansyah selaku CEO Telkom Indonesia. 

https://topmetro.news/137916/komitmen-telkom-untuk-wujudkan-transformasi-digital-di-indonesia/ 
https://topmetro.news/137916/komitmen-telkom-untuk-wujudkan-transformasi-digital-di-indonesia/ 

Munculnya Leap merupakan langkah yang sangat baik untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan targetnya. Pertanyaannya saat ini adalah apa yang menjadi target dari pemerintah Indonesia terkait dengan transformasi digital? jadi, target pemerintah Indonesia yakni mewujudkan kedaulatan digital nasional dalam beberapa tahun mendatang. Pada Juni 2022 lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate menekankan bahwa salah satu cara untuk mencapai kedaulatan digital nasional yakni dengan memiliki payung regulasi yang memadai, payung regulasi yang memadai dapat mengantar Indonesia mengisi dan menguasai ruang digital di negeri sendiri. 

Di sisi lain Telkom yang sudah berhasil meluncurkan Brand Digital baru, ada Kementerian Kominfo yang sedang melakukan framing dan reframing spektrum frekuensi untuk memastikan ketersediaan spektrum yang memadai bagi pengembangan dan adopsi teknologi baru di sisi upstream telekomunikasi Indonesia. Ketersediaan spektrum merupakan salah satu strategi untuk mencapai kedaulatan digital nasional, karena dengan ketersediaan spektrum yang memadai Indonesia dapat lebih maju lagi untuk mengembangkan unit ataupun produk digital lainnya yang dapat mempercepat kedaulatan digital nasional. 

Publikasi pribadi penulihs, 12 September 2022
Publikasi pribadi penulihs, 12 September 2022

Kehadiran Leap menjadi garda terdepan Telkom dalam mempercepat terwujudnya digitalisasi di berbagai sektor dan aspek kehidupan masyarakat. "Leap adalah core engine untuk transformasi demi mewujudkan kedaulatan digital Indonesia melalui berbagai inovasi yang dimiliki Leap, ke depannya akan ada lebih banyak lagi solusi digital untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Kehadiran Leap akan membawa dampak besar bagi Indonesia untuk bersaing dan melakukan leapfrog agar sejajar dengan negara-negara maju lain di dunia dalam waktu singkat" kata Muhamad Fajrin Rasyid selaku Direktur Digital Business Telkom.

Inovasi dapat mengubah perilaku masyarakat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menciptakan kesejahteraan sosial dan menghadirkan peluang yang lebih baik, yang mengarah pada pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, sebagai yang terdepan dalam transformasi digital, Telkom Digital Business terus berkembang dengan misi menumbuhkan ekosistem digital di Indonesia melalui inovasi digital dengan kemampuan, serta bekolaborasi dengan pemerintah. Adapun visi dan misi dari Leap Telkom Digital yakni mendigitalisasikan bangsa sebagai perusahaan telekomunikasi digital terbesar di Indonesia. Telkom menciptakan ekosistem digital yang memberikan inovasi, solusi, dan transformasi untuk menghadirkan peluang yang lebih baik bagi masyarakat. Adapun misinya yakni menumbuhkan ekosistem Digital Indonesia, untuk mencapai misi tersebut perlu untuk menerapkan pendekatan interseksi dan multidisiplin mulai dari teknologi sosial, ekonomi, ilmu alam, hingga bidang lainnya untuk berkolaborasi memimpin ekosistem digital bersama di Indonesia. Produk unggulan dari Leap Telkom Digital yakni Padi UMKM, BigBox, Pijar Mahir, MySooltan, My Indihome, Antares, Agree, Logee, OCA (Omni Communication Assistant).

https://bumn.go.id/storage/post/images/tDoUFCioudA3sysALuYeNB69fd7TPHVt6apteRUJ.jpeg
https://bumn.go.id/storage/post/images/tDoUFCioudA3sysALuYeNB69fd7TPHVt6apteRUJ.jpeg

Layanan Padi UMKM dan MySooltan sangat mebantu masyarakat di Sorong dan Manokwari Papua Barat. Layanan  tersebut sudah berhasil mengonline-kan lebih dari ratusan UMKM di Sorong dan Manokwari dengan total transaksi mencapai ratusan juta rupiah. Leap merupakan Umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untu mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Dengan adanya Leap diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi atau mempercepat terwujudnya kedaulatan digital nasional. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses  https://leap.digitalbisa.id/.

Referensi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan