Mohon tunggu...
Tamita Wibisono
Tamita Wibisono Mohon Tunggu... Freelancer - Creativepreuner

Penulis Kumpulan Cerita Separuh Purnama, Creativepreuner, Tim Humas dan Kemitraan Cendekiawan Nusantara

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Gelojak Batin Seorang Anak, Kala Sang Ibu Divonis Terkena Komplikasi Jantung

5 Mei 2020   23:34 Diperbarui: 5 Mei 2020   23:27 544
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok.pri . Video call memeluk ibu dengan doa dan cinta dari jauh

Rasanya seperti ingin menulis diatas lembaran buku diary saja malam ini. Menumpahkan gejolak batin yang merupakan bentuk komplikasi atas kekhawatiran, keinginan yang tak terwujud dan kesedihan. 

Masa-masa sulit yang harus aku jalani saat Ramadan tahun lalu telah berhasil aku lalui. Siapa sangka Ramadan tahun ini aku kembali dihadapkan pada situasi yang secara batin jauh lebih sulit lagi. Hal itu berawal saat aku mendapat kabar tentang kesehatan Ibu sebulan yang lalu.

Ramadan tahun ini agaknya kita semua memang tengah diuji. Pendemi yang sedemikian menjadi membuatku tak bisa melakukan perjalanan pulang ke Tegal.

Sedikit terlambat aku mengetahui bahwa ibu sempat dilarikan ke rumah sakit dan menjalani rawat inap selama beberapa hari. Secara medis, Ibu mengalami komplikasi jantung yang membutuhkan perawatan intensif dari dokter spesialis.

Tiga Minggu sebelum Ramadan tiba, aku menyempatkan pulang ke Tegal. Menemani ibu untuk rutin kontrol sembari memastikan betul apa sebenarnya yang telah menjadi rekam medis penyakit selama ini secara langsung dari dokter yang menangani.

Meski waktu itu dokter memberi keterangan yang membuatku sedikit lega. Bukan berarti aku sebagai anaknya bisa begitu saja berleha-leha. 

Selama di Tegal aku mencoba memastikan ibu mendapat perawatan yang maksimal. Dari segi media, asupan obat, dan gizi melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Hingga suport energi jarak jauh dari para pegiat Reiki pun aku mintakan khusus sebagai usaha untuk membuat ibu pulih.

Dok.pri obat-obatan yang harus secara rutin dikonsumsi oleh ibu
Dok.pri obat-obatan yang harus secara rutin dikonsumsi oleh ibu
Awal puasa lalu, sebagai anak aku kian khawatir. Kota Tegal memberlakukan lockdown lokal, akses menuju rumah sakit pun konon di beton. Celakanya, rumah sakit tempat ibu harus rutin memeriksakan kesehatan jantungnya itu merupakan rumah sakit yang sama bagi orang yang divonis positif Corona.

Hampir tiap malam aku tidak bisa tidur dengan tenang. Andai bisa aku memohon kepada Tuhan untuk menukar tempat penyakit itu, biarlah aku saja yang menanggung vonis dokter atas semua penyakit yang diderita oleh Ibu. Apa daya aku hanya bisa memeluk dengan doa dan cita seorang anak kepada orang tua.

Setiap aku berkomunikasi melalui video call, setiap itu pula aku mencoba menanyakan apa yang ibu keluhkan. Ternyata ibu mengalami hal yang sama, tidak bisa tidur sepanjang malam. Saat aku bertanya apakah ibu puasa? Alhamdulillah, dalam sakit yang dideritanya Ibu tetap  berusaha menjalankan ibadah puasa Ramadan. Aku menahan air mata saat ibu mulai bercerita bahwa usaha UMKM yang digeluti oleh bapak lebih dari 40 tahun lamanya kini harus benar-benar berhenti.

Toko sepatu/sandal yang selama ini menjadi etalase yang memajang sebagian hasil karya buatan bapak tak lagi beroperasional seperti biasanya alias tutup. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun