Tamita Wibisono
Tamita Wibisono ibu rumah tangga multi talenta

Here I am with all of my Destiny...perjalanan hidup itu ibarat bianglala kehidupan,tidak selamanya berada di satu titik. pergerakan antara kehidupan di bawah dengan diatas itu sungguh dinamis adanya...dan tiap ruang yang tercipta menjadi inspirasi untuk dijabarkan dalam untaian kata menjadi sebuah karya

Selanjutnya

Tutup

Wanita

Ibu Rumah Tangga Zaman Now, Kreatifnya Beda!

14 Januari 2018   00:03 Diperbarui: 14 Januari 2018   01:21 255 5 4
Ibu Rumah Tangga Zaman Now, Kreatifnya Beda!
masker dari ampas jus buah yang didinginkan sebentar , cara kreatif ala saya yang kekinian (dok.pri)

Siapa bilang menjadi Ibu rumah tangga itu hanya  bisa berkecimpung dengan urusan  domestik saja?. Memang sih pada zaman Old,  perempuan yang sudah menikah lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Mengurus  hal ihwal dalam rumah menjadikan sebutan ibu rumah tangga layaknya sebuah profesi saja. Bahkan dulu sempat  dikenal istilah  3-Ur : Dapur, Kasur, sumur. Tiga hal itulah yang menjadi ruang gerak perempuan yang sudah menyandang status menikah jauh sebelum memasuki zaman kekinian.

Lain dulu lain sekarang. Zaman old sudah berganti menjadi zaman now. Bertumbuh sekian rupa generasi yang berkembang pesat menyesuaikan kondisi kekinian. Ada kalanya Ibu rumah tangga menjadi stuck bahkan bad moodsaat harus menangani pekerjaan rumah tangga yang over. Ya membersihkan rumah (nyapu-ngepel), mencuci, menyetrika, hingga mengantar jemput anak-anak. Menjadi Kreatif adalah salah satu kunci agar good moodterus melingkupi dalam aktifitas sehari-hari.

Seperti apa sih Kreatifitas Ibu Rumah tangga zaman now?. Tentu saja berbeda jika dibanding dengan ibu rumah tangga zamal old ya. Nah,  Ini cerita kreatif yang beda dari saya :

Kreatif Merawat Diri Dengan yang Alami dan Wangi

Setiap perempuan pada dasarnya adalah makhluk cantik yang terlahir ke muka bumi. Perempuan  setelah menjadi ibu rumah tangga ada kalanya memiliki kendala dalam merawat diri. terlebih menyangkut budget jika memang harus melakukan perawatan di penyedia jasa kecantikan.  Yuk, coba perawatan alami di rumah. Ini membutuhkan kreatifitas tersendiri.  

Selama dijalani dengan senang hati. Untuk memelihara kecantikan alami kulit wajah, saya biasa membuat masker alami yang terbuat dari ampas buah yang saya jus. Air sari buah  yang saudah di saring kita minum agar tubuh sehat. Ampasnya bisa kita jadikan masker wajah. Misalkan saja ampas jus Buah bit yang dicampur apel dan wortel. Ampas jus yang lumayan banyak, sayang jika dibuang percuma. Ada baiknya, sila dicoba. Caranya , masukkan ampas ke dalam kulkas selama 10-15 menit sebelum digunakan. Ambil secukupnya dan ratakan pada wajah kita. Gunakan cermin untuk membantu agar masker menempel rata dan sempirna. Tunggu hingga sedikit mengering maksimal 20 menit. 

Kayu putih aroma kebutuhan perawatan perempuan agar awet hangat dan wanginya (dok.pri)
Kayu putih aroma kebutuhan perawatan perempuan agar awet hangat dan wanginya (dok.pri)

Tidak hanya wajah saja lho yang perlu dirawat. Tiap bagian tubuh perempuan juga harus tetap terawat. Nah, bagi ibu rumah tangga zaman now bisa mencoba  perawatan ekslusif dengan aroma theraphy pilihan di rumah. Sebut saja Lavender,Rose,  Green tea,Ekauliptus.Caranya Mudah banget. Cukup campurkan Kayu Putih Aromayang sesuai dengan aroma favorit dalam lulur mandi setiap mau digunakan. nikmati sensasi hangat lagi wangi yang berbeda dari perbaduan  keduanya. Dengan mencampurkan Kayu Putih Aroma pada lulur mandi, saat mandi kita akan merasakan sensasi hangat meski mandinya menggunakan air dingin sekalipun.

BerKompasiana Ria,Ruang Produktif Menulis - Membaca++

berkompasiana Ria, aktifitas produktif Ibu rumah tangga zaman now (dok.pri)
berkompasiana Ria, aktifitas produktif Ibu rumah tangga zaman now (dok.pri)

Do dalam tubuh perempuan yang terawat, akan memunculkan kreatifitas pemikiran ala ibu rumah tangga zaman now. Tak hanya pandai membuat catatan belanja dan daftar kebutuhan belaka, melainkan aktif dalam dunia tulis menulis online atau yang beken dengan istilah nge-blog. Menulis dan menghasilkan karya sastra maupun prosa menjadi bagian dari kreatifitas yang dapat dilakukan di rumah. 

Menjadi alternatif kegiatan rumahan di sela-sela aktifitas lainnya. Seperti halnya saya yang sudah lebih dari 3 tahun ini menulis di Kompasiana. Banyak hal yang membantu ibu rumah tangga untuk tetap menjaga dan mengasah talenta mereka. Bahkan di kota-kota besar seperti Jakarta, blogger menjadi ruang yang dapat menambah penghasilan tambahan  para ibu rumah tangga. Sekedar menjadi buzzer ataupun menjadi pemenang sebuah lomba menulis tidak ada salahnya.

Kreatif Memasak Bebas Bau Dapur Hingga Wangi Pengantar Tidur

dok.pri Ibu Rumah tangga zaman now kreatif dalam memasak
dok.pri Ibu Rumah tangga zaman now kreatif dalam memasak
Memasak merupakan seni dalam mengembangkan kreatifitas bagi ibu rumah tangga. Dalam memasak kita meyeimbangkan perasaan dan logiuka. Urusan dapur bukan lagi urusan yang membuat ibu rumah tangga zaman now menjadi lusuh dan penuh peluh. Memasak bahan masakan alami yang kaya serat seperti buah dan sayur akan membantu vitalitas dan daya tahan tubuh dalam beraktifitas. 

Sebagai Ibu rumah tangga kekinian saya kerap menghidangkan aneka menu yang tidak itu-itu saja. Jangan takut untuk bereksperimen dengan bahan makanan yang tersedia. Telur Dadar misalnya, bisa dikombinasikan dengan sosis, rumput laut. Bentuk dengan digulung. Jadilah telur dadar gulung special. Menu favorit keluarga yang mudah dan praktis untuk dibuat diantaranya adalah salad. Kombinasikan buah potong segar dengan beberap jenis sayuran rebus. Misalnya saya, Brokoli, wortel, sawi butih atau labu siam. Tambahkan toping sesuai selera.

Bukan rahasia umum bagi ibu rumah tangga yang kelewat rajin memasak di dapur, biasanya kehilangan selera makan begitu masakan selsai dimasak. Salah satunya karena faktor uap masakan yang kerap terhirup. Atau juga faktor icip-icip yan berlebihan. Nah, untuk mengembalikan selera makan setelah masak, saya biasa menghirup Kayu Putih Aroma yang dapat menetralkan bau masakan. Oleskan juga di perut bagian atas agar perut menjadi lega. Sila dicoba ya.

Seharian beraktifitas ala ibu rumah tangga tentu menyebabkan rasa capek. Itu kerap terasa pada malam hari, kala  waktu istirahat di peraduan tiba. Efeknya, ada yang insomnia, sulit tidur meski sudah mengantuk. Ibu rumah tangga yang kreatif, tidak perlu galau. Saat insomnia melanda, perbanyak minum air putih. Oleskan Kayu Putih Aroma pada leher, dada, dan belakang telinga. Rasakan aroma relaksinya. Aroma Lavender inilah yang akan membantu kita lelap dalam tidur yang berkualitas.

dok.Pri. Kayu Putih Aroma bantu lenyapkan bau dapur menempel di tubuh setelah memasak
dok.Pri. Kayu Putih Aroma bantu lenyapkan bau dapur menempel di tubuh setelah memasak

Belanja Ala Ibu Rumah Tangga Zaman Now, Beli Diskonan Boleh ...Asal....

dok.pri Promo Kayu Putih Aroma nihh,,paket hemat sekali
dok.pri Promo Kayu Putih Aroma nihh,,paket hemat sekali

Hampir bisa dipastikan setiap ibu rumah tangga suka berbelanja. Belanja menjadi suatu trend kekinian baik yang bersifat konvensional di toko kelontong, pasar tradisional ataupun yang bersifat modern. Bahkan tren belanja kekinian sudah ada yang menggunakan teknologi VR ( Virtuyal Reality). Nah termasuk jenis yang manakah kita dalam berbelanja?.

Aktifitas berbelanja pun semakin sensasional manakala ada promo atau diskon menarik yang ditawarkan. Saya sih biasa menghitung selisih harga semua dengan perubahan harga setelah diberi diskon. Jika harga diskon hanya berkisar ratusan rupiah hingga batas seribu rupiah, biasanya saya memilih untuk tidak tergiur membelinya. Pastikan selisih harga diskon yang diberikan  berada pada kisaran minimal Rp 3000 atau bahkan lebih. Itu yang kemudian saya anggap sebagai diskon yang dapat diperhitungkan.

Pastikan barang yang kita beli tersebut memang menjadi  kebutuhan yang bisa membuat hari hari kita lebih produktif dan menunjang aktifias. Seperti dalam keluarga kami misalnya, Ketersediaan Kayu Putih Aroma menjadi hal wajib yang bisa digunakan oleh seluruh anggota keluarga tanpa kecuali. Apalagi di musim hujan begini. Cuaca dingin menjadikan kami butuh stimulus yang tetap membuat kami merasa hangat. 

Sejak awal hingga tengah Januari nanti, Kayu Putih Aroma yang tersadia di mini market terkemuka memberikan tawaran harga yang menarik. Paket hemat untuk persediaan selama musim hujan. Stttt dan saya pun tidak melewatkan berbelanja kebutuhan Kayu Putih Aroma. Meski kerap memberikan harga diskon, kali ini potongan harganya tak tanggung-tanggung lho. Buruan mumpung belum kehabisan yaa..